Cucu Bung Karno Lantik Pengurus YKI Pangandaran

Cucu Bung Karno Lantik Pengurus YKI Pangandaran
Puti Soekarno. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Puti Guntur Sukarno mengapresiasi pembentukan pengurus Yayasan Kanker Indonesia cabang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dia menyebut kehadiran YKI di Pangandaran sebagai bentuk kontribusi untuk menguatkan, menyehatkan dan melindungi perempuan Indonesia.

"Ini menunjukan komitmen terhadap kemanusiaan untuk melindungi perempuan," ujar Puti, di hadapan ratusan peserta pengukuhan pengurus YKI cabang  Pengandaran masa bhakti 2016-2021 di Pangandaran, Kamis (29/9). 

Cucu Presiden RI pertama Soekarno, itu  menuturkan, tugas  utama YKI adalah menumbuhkan hidup sehat  secara dini di masyarakat. Dimulai  dari keluarga hingga lingkungan masyarakat. Selain itu,  juga bagi bisa menumbuhkan semangat hidup penderita kanker sehingga bisa mendorong penderita mau mengobati penyakitnya.

"Ini merupakan modal utama untuk menekan angka kematian atau angka pengidap penyakit kanker di Pangandaran," papar politikus PDI Perjuangan, itu

Ia menambahkan, DPR  memiliki tanggung jawab bersama untuk menurunkan angka kematian. "Yang terpenting bersama-sama memberikan solusi bagi penderita yang kurang mampu atau berada di bawah garis kemiskinan," paparnya. 

Ketua YKI cabang Pangandaran Ida Nurlela mengatakan penderita kanker terus meningkat sehingga butuh perhatian khusus. Istri bupati Pangandaran, itu mengatakan, minimnya pengetahuan masalah kanker dan tidak melakukan pola hidup sehat serta tak melakukan deteksi dini merupakan potret yang masih dihadapi oleh masyarakat Indonesia, tak tekecuali di kabupatennya.

Untuk itu, kata dia, YKI Pangandaran akan melaksanakan seminar dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan kanker. "Dengan demikian masyarakat pada akhirnya paham dengan bahaya penyakit kanker," ujarnya.

Ida menambahkan, saat ini pihaknya terjun ke masyarakat untuk melakukan aksi nyata membantu masyarakat yang menderita kanker.

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Puti Guntur Sukarno mengapresiasi pembentukan pengurus Yayasan Kanker Indonesia cabang Kabupaten Pangandaran, Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News