OJK Harus Kembalikan Izin Usaha Bumi Asih Jaya

OJK Harus Kembalikan Izin Usaha Bumi Asih Jaya
OJK Harus Kembalikan Izin Usaha Bumi Asih Jaya

jpnn.com - JAKARTA - PT Bumi Asih Jaya menyatakan permohonan kepailitan yang diajukan oleh Otoritas Jasa Keuangan  terlalu prematur. Sebab, perusahaan asuransi ini masih mampu membayar klaim nasabahnya.

Komisaris PT BAJ Rudy Sinaga mengatakan, tindakan OJK telah menciderai rasa keadilan. Menurut dia, sesungguhnya pengertian pertanggungan asuransi telah memberikan dampak negatif terhadap perkembangan dunia usaha asuransi.

Karenanya, Rudy meminta izin usaha PT BAJ  dikembalikan oleh pihak OJK karena syarat pemenuhan modal setor sudah dilakukan oleh pemegang saham. "Yang dibuat di hadapan notaris Budiono Widjaya, SH," kata dia di Jakarta, Jumat (30/9). 

Ia menjelaskan, kepailitan PT BAJ oleh OJK telah melanggar hukum dan berpotensi merusak keberadaan industri asuransi nasional. Dia menegaskan, tindakan OJK yang mempailitkan PT BAJ telah mencinderai pengertian pertanggungan asuransi.

"Sebab tidak ada satu pun aturan perundang-undangan yang menyatakan  klaim asuransi itu adalah hutang dan atau asuradur itu adalah debitur dan atau pemegang polis itu adalah kreditur," paparnya.

Ia menjelaskan, pertanggungan asuransi itu adalah perjanjian asuradur dengan pemegang polis untuk penerimaan premi oleh perusahaan asuransi, sebagai imbalan untuk memberikan penggantian atas meninggal atau hidupnya pemegang polis.

Hal itu sebagaimana yang diatur dalam pasal 1 angka 1 Undang-undang nomor 40 tahun 2014 tentang Perasuransian. "Maka dengan ketentuan tersebut sudah cukup jelas bahwa PT BAJ tidak mempunyai hutang kepada pemegang polis," tegasnya. 

Karenanya, dia kembali menegaskan, tindakan  OJK yang mempailitkan  PT BAJ adalah prematur. Sebab,  sesuai dengan ketentuan pasal 29 ayat 3 UU nomor 21 tahun 2011 tentang OJK, sudah merupakan kewajiban lembag tersebut untuk terlebih dahulu memfasilitasi penyelesaian pengaduan konsumen yang dirugikan oleh pelaku lembaga jasa keuangan. "Dan ternyata prosedur ini tidak pernah dilakukan oleh OJK dengan PT BAJ," bebernya.

JAKARTA - PT Bumi Asih Jaya menyatakan permohonan kepailitan yang diajukan oleh Otoritas Jasa Keuangan  terlalu prematur. Sebab, perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News