Ternyata Ini Alasan Kapolda Riau Dimutasi

Ternyata Ini Alasan Kapolda Riau Dimutasi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti pucuk pimpinan kepolisian di Riau. Kapolda Riau Brigjen Supriyanto diganti dengan Brigjen Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kapolda Maluku Utara. 

Sempat beredar rumor bahwa pergantian ini karena di bawah kepemimpinan Supriyanto, timbul sejumlah permasalahan di kawasan Riau.

Sejumlah kasus mengemuka, antara lain pembakaran Polres Meranti, SP3 kasus kebakaran hutan dan lahan, serta beredarnya foto yang diduga para pejabat Polda Riau bersama dengan petinggi perusahaan kepala sawit.

Namun, Tito  mengaku memiliki pertimbangan sendiri menarik Supriyanto ke Mabes Polri sebagai Irwil II Itwasum Polri.

"Di Riau, kapoldanya kami mutasikan ke sini. Ini sekaligus sebagai pembelajaran karena beliau dulunya di SDM.  Sedangkan masalah di Riau ini banyak permasalahan-permasalahan ke-resersean," kata Tito di Mabes Polri, Jumat (30/9).

Dia menyebutkan, Polda Riau sudah naik tipe dari Polda tipe B menjadi tipe A sehingga nantinya Zulkarnain akan naik menjadi Irjen. Ia menilai, Zulkarnaen lebih kompeten memimpin Riau.

"‎Polda Riau kan naik jadi tipe A, dan saya memberikan penghargaan pada Kapolda Maluku Utara untuk menempati posisi Kapolda Riau. Selama memimpin Maluku Utara, kondisi tertib dan tidak ada gejolak sama sekali. Makanya Pak Zulkarnain saya berikan reward," ucap dia.

Sementara, di Mabes Polri Supriyanto akan digembleng pemahaman di bidang reserse. "Jadi saya tarik beliau kesini. Karena beliau di ilwil nanti beliau akan bisa lebih mendalami ilmu-ilmu resersenya kembali," tukas dia. (elf/jpg/jpnn)


JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti pucuk pimpinan kepolisian di Riau. Kapolda Riau Brigjen Supriyanto diganti dengan Brigjen Zulkarnain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News