Menpar Arief Yahya: Kita Langganan Juara Dunia

Menpar Arief Yahya: Kita Langganan Juara Dunia
Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Dive Magazine memasukkan lima spot underwater Indonesia ke dalam Top World Diving Destinations 2017. Cukup beralasan memang, majalah yang cukup menjadi panduan bawah laut itu menurunkan tulisan tersebut.

Raja Ampat Papua, Alor NTT, Pulau Komodo NTT, Lembongan Bali, dan Lembeh Sulawesi Utara, ternyata memang sudah menjadi langganan tampil di top 5 destinasi selam terbaik di Asia Pasifik, dan dunia. “Potensi wisata bahari kita memang world class semua,” kata Menpar Arief Yahya. 

Dari data sepanjang 2011-2015, lima destinasi itu tak hanya diakui DiveMagazine saja. Scuba Diving, majalah panduan traveller dunia yang hobi diving dan snorkeling, juga pernah memberi acungan jempol pada destinasi selam andalan Indonesia itu. Di 2011, Indonesia terpilih sebagai jawara untuk wilayah Indo-Pasific dalam empat dari delapan kategori yang dibahas di majalah cetak Scuba Diving.

Untuk kategori Macro Life, Overall Rating of Destination, Health of Marine Environment serta Underwater Photography, Indonesia ada di urutan nomor 1 Indo-Pasific. “Berbagai penghargaan itu diberikan tidak sembarangan, itu mempertaruhkan reputasi mereka jika tidak credible. Karena itu penghargaan itu juga menaikkan credibility destinasi selam kita,” ungkap Arief.

Di 2012, nama Indonesia kembali diperhitungkan. Dalam top 100 kategori resort, bar, destinasi serta segala hal yang terkait kehidupan bawah laut, lima wakil Indonesia masuk ke dalam kategori pilihan pembaca terbaik tingkat dunia. Bunaken National Marine Park, Indonesia, terpilih menjadi Best Marine Park. Setelah itu, ada Wakatobi House Reef, Indonesia, yang dinobatkan menjadi The Best Shore Dive. Untuk kategori  Best Topside, gelar terbaiknya dipegang  Bali, Indonesia.

Sementara untuk Best Live-Aboard, disambar Indo Siren, Indonesia. Satu gelar lainnya, Best Night Dive, direbut Nudi Falls, Lembeh Strait, Indonesia. Perburuan gelar spot diving terbaik kembali berlanjut di 2013. Hasilnya? Tiga gelar terbaik terkait kehidupan bawah laut kembali direbut Indonesia. Award Best Live-Aboard, menjadi milik Arenui, Indonesia. Plakat  Best Dive Site House Reef, direbut Wakatobi Dive

Resort. Satu gelar terbaik lainnya, direbut dari kategori Best Bar. Untuk yang ini, Cafe Billiard, Bali, Indonesia, juaranya.

Di 2014, Liberty di Tulamben, Bali, Arenui, Arborek Jetty, Raja Ampat masuk ke dalam posisi teratas top 100 Gold List reader’s choice award yang digelar Scuba Diving. Gelar Best Shore Dive, dimenangkan Liberty, Bali, Indonesia. Predikat Best Live-Aboard menjadi milik Arenui, Indonesia. Untuk Best Animal Encounter, menjadi milik Raja Ampat, Indonesia. Dua gelar lainnya, Best Night Life dan Best Night Dive dimenangkan Bali serta Arborek Jetty, Raja Ampat, Indonesia.

JAKARTA - Dive Magazine memasukkan lima spot underwater Indonesia ke dalam Top World Diving Destinations 2017. Cukup beralasan memang, majalah yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News