BKD Tak Usah Bolak-Balik ke Jakarta demi Data Pegawai

BKD Tak Usah Bolak-Balik ke Jakarta demi Data Pegawai
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menyoroti kebiasaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta untuk mengurus data kepegawaian. Menurut dia, BKD mestinya tak perlu ke Jakarta hanya demi mengurus data kepegawaian karena hal itu akan menguras anggaran daerah.

"Bisa dikalikan berapa duit yang dikeluarkan masing-masing pemda hanya untuk mengurus data kepegawaian di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Daripada uangnya habis untuk perjalanan dinas, mendingan dipakai untuk membuat sistem agar BKD tidak usah ke Jakarta," kata Asman, Minggu (2/10).

Karenanya, KemenPAN-RB tengah mendesain sistem pelaporan data kepegawaian. Tujuannya agar data kepegawaian di pusat dan daerah bisa tersambung melalui sistem online.

Mantan wakil walikota Batam ini menambahkan, dengan sistem online maka BKD tak uwah bolak-balik ke Jakarta demi mengurus kenaikan pangkat pegawai. Sebab, urusan administrasi bisa diselesaikan melalui sistem online.

"Jadi tidak ada lagi pegawai BKD datang ke BKN bawa map untuk urusan kenaikan pangkat, pensiun, dan lainnya. Cukup klik saja di sistem langsung conecting dengan BKN pusat," paparnya.(esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menyoroti kebiasaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News