Pemprov Jatim Usul Pembangunan Lima Bandara Baru

Pemprov Jatim Usul Pembangunan Lima Bandara Baru
Pemprov Jatim Usul Pembangunan Lima Bandara Baru

jpnn.com - SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengusulkan pembangunan lima bandara baru ke pemerintah pusat. 

Selain rencana pembangunan Terminal III Bandara Juanda, lima daerah yang diusulkan untuk pembangunan bandara baru adalah bandara Purboyo di Malang Selatan, Tulungagung, Kepulauan Kangean, Kepulauan Masalembu, dan Lamongan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan, pembangunan lima bandara baru ini guna mengalihkan penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda yang telah overload. 

Selian itu juga untuk memindahkan bandara yang sering terkena bencana. Yaitu Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang yang selalu terkena dampak saat Gunung Bromo erupsi. 

Padahal bandara di Kabupaten Malang tersebut dapat menampung 2.200 penumpang per hari dengan 11 penerbangan. Kedua bandara tersebut merupakan bandara utama di Jatim.

“Terminal I dan Terminal II Bandara Juanda hanya mampu menampung 12,5 juta orang penumpang. Padahal saat ini jumlah penumpang setiap tahunnya 17 juta orang,” papar Wahid, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Sedangkan Bandara Abdul Rachman Saleh tahun depan akan membuka rute baru Banjarmasin, Lombok dan Balikpapan. Yang selama ini hanya Jakarta dan Denpasar.

Untuk mengatasi volume penumpang yang terus meningkat. terminal III Bandara Juanda menjadi fokus Pemprov Jatim saat ini. 

SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengusulkan pembangunan lima bandara baru ke pemerintah pusat.  Selain rencana pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News