Cegah Kanker, Kemenkes Rekomensikan Konsumi Makanan Ini

93,5 Persen Penduduk Indonesia Pengonsumsi Karbohidrat

Cegah Kanker, Kemenkes Rekomensikan Konsumi Makanan Ini
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pola konsumsi masyarakat Indonesia yang enggan makan sayur dan buah menyebabkan perubahan faktor risiko kematian. Bila sebelumnya, angka kematian penduduk Indonesia didominasi faktor penyakit menular, kini berubah kepada penyakit tidak menular.

Data Kementerian Kesehatan 2013 menyebutkan, penduduk Indonesia usia di atas 10 tahun atau 93,5‎ kurang konsumsi buah dan sayur. Mereka lebih mengutamanakan konsumsi karbohidrat serta lemak.

"‎Karena perut penduduk Indonesia kebanyakan diisi karbohidrat serta lemak, jangan heran angka penderita kanker makin tinggi. Apapun yang kita makan, buah dan sayurlah yang mengaturnya di dalam perut," urai Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Dody Izwardy dalam Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dihelat KOWANI-Kemenkes RI, di Jakarta, Kamis (6/10).

Dody mengaku banyak mendapatkan keluhan dari pasien kenapa baru sekarang timbul penyakit kanker, diabetes, jantung, ginjal, dan lainnya. Setelah diselidiki‎ pasiennya kurang mengonsumsi sayur dan buah.

"Kalau perut tiap harinya diisi makan berat, bagaimana fungsi pencernaan bisa jalan. Harusnya 50 persennya diisi buah dan sayur biar tidak ada unsur-unsur jahat yang nyangkut di perut," terangnya.

Menurut Dody, pemerintah sudah menerbitkan Permenkes 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang. Di dalamnya dijelaskan pentintinga konsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mineral dan serat pangan.

"Jadi bagi yang tidak ingin kena penyakit tidak menular tapi mematikan (kanker, ginjal, jantung), perbanyaklah makan buah dan sayur," tandasnya.(esy/jpnn)

JAKARTA - Pola konsumsi masyarakat Indonesia yang enggan makan sayur dan buah menyebabkan perubahan faktor risiko kematian. Bila sebelumnya, angka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News