Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Molor

Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Molor
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), perusahaan patungan BUMN Indonesia dan BUMN Tiongkok, menargetkan konstruksi besar prasarana kereta api (KA) cepat atau high speed railway (HSR) Jakarta-Bandung mulai dibangun pada Oktober-November ini.

Proyek raksasa senilai USD 5,1 miliar yang peletakan batu pertamanya dilakukan Presiden Jokowi pada 21 Januari 2016 itu mundur dari jadwal. Hal itu disebabkan kendala pembebasan lahan, perizinan, dan pendanaan.

Direktur PT KCIC Dwi Windarto mengungkapkan, pihaknya sedang menyiapkan pengerjaan konstruksi besar di beberapa lokasi kerja.

terutama di sekitar jalan bebas hambatan Jakarta-Cikampek. Rute ini termasuk dalam trase KA cepat sepanjang 142,3 km yang membentang dari Halim (Jakarta Timur) hingga Tegalluar, Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

”Beberapa lokasi kerja KA cepat dalam progres persiapan. Sebagaimana bisa dilihat adanya pemagaran pada beberapa ruas di jalan tol. Target pekerjaan besar dimulai pada Oktober atau November ini,” kata Windarto dalam siaran persnya, kemarin.

Terpisah, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya sudah memberikan izin pembangunan KA cepat. Dengan demikian, KCIC bisa melakukan pembangunan prasarana HSR tersebut.

"Kemenhub saya pikir tugasnya sudah selesai. Kami sudah memberikan izin. Ini tinggal berkoordinasi saja dengan para investor maupun Kementerian BUMN, kapan proyek itu dimulai. Saya pikir sedang dipersiapkan," tutur Budi. (ers)


JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), perusahaan patungan BUMN Indonesia dan BUMN Tiongkok, menargetkan konstruksi besar prasarana kereta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News