UMKM Ini Berdayakan Wanita Hingga Beromzet Puluhan Juta

UMKM Ini Berdayakan Wanita Hingga Beromzet Puluhan Juta
Masni'ah‎, seorang ibu rumah tangga yang berhasil meraup omzet puluhan juta‎.

jpnn.com - USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan vital dalam perekonomian. Merujuk data BPS 2014, jumlah UMKM di Indonesia 57,89 juta unit atau 99,99 persen dari total jumlah pelaku usaha nasional.

UMKM memberikan kontribusi terhadap kesempatan kerja sebesar 96,99 persen, dan terhadap pembentukan PDB sebesar 60,34 persen. Ini menjadikan Indonesia dengan jumlah UMKM terbanyak di dunia.  

"Sektor UMKM mampu mendukung kemandirian ekonomi, karenanya kami juga menggandeng mereka dalam program Kemitraan Proses (KP) untuk produk yang finishingnya memerlukan penanganan manual," ujar Humas Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Sugiyanto, Minggu (9/10).‎

Agar kualitas tetap terpelihara, pihaknya menyediakan bantuan modal, selain bahan baku. Jenis KP yang dilaksanakan antara lain kantong belanja, hard cover dan cetak.

"Daya serap kemitraan ini cukup tinggi, saat ini terdapat 27 kelompok mitra usaha dengan masing-masing anggota belasan hingga yang terbanyak 100 orang lebih," lanjut Sugi.   

Diperkirakan jumlah tenaga kerja yang terserap dari kemitraan ini mencapai sekitar 1400 orang, tersebar di berbagai pelosok desa di sekitar lokasi pabrik, meliputi 27 desa di tujuh kecamatan seputar Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, dan Jombang. 

Salah satu mitra usaha KP Shopping Bag Masni'ah, kini telah mampu memberdayakan sekitar 60 pekerja. Dari seorang ibu rumah tangga yang tidak punya pengalaman kerja, tapi berhasil meraup omzet puluhan juta rupiah tiap bulannya.   

"Suami saya awalnya nggak yakin dengan usaha ini. Bahkan saya nggak pernah kerja sama sekali sebelumnya," katanya.

USAHA Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan vital dalam perekonomian. Merujuk data BPS 2014, jumlah UMKM di Indonesia 57,89 juta unit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News