Persoalan Di Desa Tidak Hanya Uang, tapi...

Persoalan Di Desa Tidak Hanya Uang, tapi...
ILUSTRASI. FOTO: Dok.JPNN.com

jpnn.com - YOGYAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo menilai, 74.754 desa di seluruh Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa.

Karena itu, apabila masyarakat bisa memaksimalkan potensi yang ada, desa-desa di Indonesia diyakini akan mampu mempercepat akselerasi pembangunan nasional.

"Desa persoalannya tidak hanya uang, tapi juga manajemen sumber daya manusia. Coba dibayangkan, kalau 74 ribu desa bisa membangun BUMDes (Badan Usaha Milik Desa,red), maka setiap desa bisa memiliki penghasilan menyejahterakan masyarakatnya," ujar Eko saat mengunjungi Desa Sidoluhur, Godean, Sleman, Yogyakarta, Senin (10/10).

Eko berharap segenap elemen yang ada dapat saling bahu membahu, demi menciptakan BUMDes yang mandiri di setiap desa di Indonesia. Karena tanpa adanya sinergi antarkementerian maupun niat yang tulus dari sejumlah perusahaan-perusahaan yang ada, impian menyejahterakan masyarakat desa sulit tercapai.

"Saya kira kalau dana desa 25 persen digunakan untuk peningkatan ekonomi dan BUMDes sudah banyak, maka perusahaan seperti Indofood, Unilever akan mencari kita (BUMDes,red)" ujar Eko.

Sementara itu, Kepala Desa Sidoluhur Hernawan Zudanto menjelaskan, BUMDes di Desa Sidoluhur baru mulai dibangun. Dengan mulai membangun sejumlah bidang usaha seperti pengelolaan sampah, home industri dan sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Ada kerja sama juga dengan Kementerian UKM. Aset BUMDes belum terlalu besar. Karena baru mulai, yang paling banyak pengelolaan sampah," ujar Hernawan.(gir/jpnn)


YOGYAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo menilai, 74.754 desa di seluruh Indonesia memiliki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News