Pungli di Kemenhub Merajalela, Pak Menteri Sakit Kepala

Pungli di Kemenhub Merajalela, Pak Menteri Sakit Kepala
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Satuan Tugas Operasi Pemberantas Pungli (Satgas OPP) terus mendalami praktik pungutan liar yang mewabah di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, pungutan liar ternyata sudah mengakar di kementerian pimpinan Budi Karya Sumadi itu. Bahkan, Menteri Budi sampai  pusing melihat fenomena pungli di instansinya.

"Pak Menteri sendiri sudah angkat tangan. Nyerah. Makanya melapor kepada kami," kata Iriawan  saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/10).

Iriawan melanjutkan, praktik pungli yang menjerat tiga pegawai Kemenhub merupakan fenomena lama yang sudah mewabah.‎ Budi sebagai menteri yang belum lama memimpin Kemenhub pun mengetahui praktik ilegal itu.

 Namun, sang menteri tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya ia tidak punya kekuatan untuk melaksanakan OTT.‎

"Ini (pungli, red) bukan rahasia umum. Ini sudah lama, Pak Menteri juga tahu. Karenanya, ini butuh satu minggu untuk melakukan OTT. Ini bertahun-tahun punglinya,” tegas Iriawan.

Ia meyakini tindakan tegas kepolisian akan membuat oknum-oknum nakal di Kemenhub waspada. Menurut dia, operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan polisi memang untuk mengejutkan oknum birokrasi lainnya yang biasa melakukan pungli akan ciut nyali.

"Yang pasti kemungkinan karena operasi ini, semua tiarap sementara. Tapi biasanya satu bulan, dua bulan main lagi. Bisa juga ada yang enggak tiarap juga,‎" ujar dia.

JAKARTA - Satuan Tugas Operasi Pemberantas Pungli (Satgas OPP) terus mendalami praktik pungutan liar yang mewabah di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News