Tax Amnesty Pertama Sukses, Ini Permintaan Misbakhun ke Bu Menkeu

Tax Amnesty Pertama Sukses, Ini Permintaan Misbakhun ke Bu Menkeu
Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR yang membidangi perpajakan, M Misbakhun meminta pemerintah memberi apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada jajaran Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Permintaan itu didasari pada kesuksesan program pengampunan pajak atau tax amnesty tahap pertama.

Misbakhun mengatakan, tax amnesty tahap pertama yang berakhir pada 30 September lalu mampu menghasilkan uang tebusan lebih dari Rp 97 triliun. Menurut dia, dana itu jelas memperkuat kondisi keuangan negara.

“Kemampuan fiskal kita meningkat dengan masuknya uang tebusan dari tax amnesty. Ini capaian luar biasa DJP yang pantas mendapatkan reward (penhargaan),” ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/10).

Politikus Golkar itu mengaku sudah menyampaikan permintaannya pada saat rapat kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMA) pada Rabu (12/10) malam. Reward untuk pegawai DJP itu juga untuk mengimbangi penghargaan kepada jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukau (DJBC).

Untuk diketahui, SMI pada 27 September 2016 telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 144/PMK.02/2016 tentang Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Atas Pencapaian Kinerja di Bidang Cukai. Merujuk PMK itu, pegawai DJBC bisa mengantongi bonus hingga empat kali gaji dan tunjangan kinerja.

Misbakhun pun merasa perlu menyuarakan pentingnya reward bagi DJP yang sukses mengawal tax amnesty. “Terlepas dari situasi apa pun, reward kepada  pegawai Ditjen Pajak terhadap suksesnya tax amnesty sudah semestinya dilakukan," katanya.

Wakil rakyat yang getol mengawal pembahasan RUU Pengampunan Pajak itu mengingatkan, masih ada program tax amnesty tahap kedua dan ketiga. Menurut dia, perlu reward untuk DJP demi mendongkrak kesuksesan program tax amnesty selanjutnya.

“Agar mereka jadi lebih giat dan lebih intensif dalam menjalankan apa yang menjadi tugas-tugas mereka,” ucap mantan pegawai DJP itu.(jpg/ara/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR yang membidangi perpajakan, M Misbakhun meminta pemerintah memberi apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada jajaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News