Ssstt..Orang Kaya Indonesia Masih Sembunyikan Harta di Negara Ini

Ssstt..Orang Kaya Indonesia Masih Sembunyikan Harta di Negara Ini
Executive Director Center for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - MALANG—Pengamat pajak Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah Indonesia seharusnya bisa lebih gencar lagi mendorong repatriasi atau pemulangan aset WNI dari luar negeri.

Itu termasuk salah satu bagian dari kunci keberhasilan tax amnesty yang sedang didorong pemerintah saat ini.

Yustinus meyakini, masih banyak pengusaha dan orang kaya yang menyembunyikan asetnya di luar negeri.

Salah satunya di negara Swiss yang dianggap sebagai salah satu tempat aman untuk penyembunyian kekayaan.

“Uang orang-orang Indonesia sejak zaman dulu itu kebanyakan disimpan di Swiss. Karena Swiss itu bukan untuk bisnis. Itu untuk duit yang benar-benar enggak diputar karena Swiss paling rahasia untuk penyimpanan aset,” ujar Yustinus yang juga Executive Director Center for Indonesia Taxation Analysis dalam diskusi tentang pajak dan tax amnesty di Malang, Jawa Timur, Jumat (14/10).

Bahkan, Yustinus menyatakan, kemungkinan keluarga mantan Presiden Soeharto juga masih menyimpan aset-aset mereka di negara tersebut.

“Saya yakin kayak keluarga Soeharto pasti di sana. Tommy Soeharto paling hanya beberapa yang di-declare asetnya,” imbuh Yustinus.

Yustinus memastikan potensi repatriasi dari Swiss akan sangat besar untuk penerimaan negara jika pemerintah bisa mengupayakannya.

MALANG—Pengamat pajak Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah Indonesia seharusnya bisa lebih gencar lagi mendorong repatriasi atau pemulangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News