Jangankan Jokowi, Obama pun Ikut Kagum

Jangankan Jokowi, Obama pun Ikut Kagum
Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor (kiri), Gubernur Sumut Tengku Erri Nurady (tengah) dan Menpar Arief Yahya. Foto: source for Indopos

jpnn.com - HANGZHOU - Jangankan Presiden Joko Widodo, 20 kepala negara anggota G-20 lainnya juga terpesona oleh atraksi yang dikemas di danau Xi Hu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, 4-5 September lalu. 

Termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Karena itu, tiga bupati dan Gubernur Sumatera Utara pun sampai kehilangan kata-kata. Mereka betul-betul jatuh cinta dengan kemasan pertunjukan dan total suasana di danau itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu menggunakan rumus 3A, Atraksi, Akses, Amenitas, untuk mengukur kesiapan destinasi pariwisata. Termasuk Danau Toba, Sumatera Utara, satu diantara 10 “Bali Baru” yang sedang getol dilakukan percepatan itu. 

Saat mengajak tim Danau Supervolcano itu benchmark ke Xi Hu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, mereka pun “memotret” 3A. Seeing is believing! Tidak mudah membuat orang percaya, mereka butuh melihat dengan mata kepala sendiri!

Wajah empat pejabat di Sumatera Utara tampak optimis. Canda tawa mengisi sepanjang pedestrian Danau Barat atau West Lake itu. Mereka bisa membayangkan secara konkret, seperti apa yang dimaksud dengan destinasi yang World Class itu. Mereka merasakan sendiri, menginjak dengan kaki dan merasakan pedestrian yang dibangun bersih, rapi, terjaga, sampai-sampai hendak membuang putung rokok saja harus menemukan tong sampah dulu. Tidak asal lempar ke mana saja yang dianggap 'tidak dilihat orang.'

Mereka itu adalah Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Samosir Rapidin Simbolon serta beberapa staf yang sedang berguru di Negeri Panda.

Mereka makin menyadari penuh, 3A, --Atraksi, Akses, Amenitas, adalah hal yang paling mendasar dalam pengembangan destinasi. “Kalau soal potensi, Danau Toba jauh lebih hebat, lebih besar, lebih luas, lebih dalam, lebih jernih,” ujar Gubernur Tengku Erry Nuradi di Hangzhou, Tiongkok.

"Danau West Lake atau Xi Hu ini kedalaman hanya sekitar 5 meteran saja, luasanya juga terlalu kecil jika dibandingkan dengan Danau Toba. Tidak ada ombak besar seperti yang biasa dirasakan di Danau Toba. Keindahan alam Danau Toba jauh lebih unggul,” ujar Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor. 

HANGZHOU - Jangankan Presiden Joko Widodo, 20 kepala negara anggota G-20 lainnya juga terpesona oleh atraksi yang dikemas di danau Xi Hu, Hangzhou,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News