Dunia Terkejut, Bob Dylan Terima Anugerah Nobel Sastra

Dunia Terkejut, Bob Dylan Terima Anugerah Nobel Sastra
Buku-buku tentang Bob Dylan, dipamerkan Swedish Academy di Stockholm, Swedia. Foto: AFP

jpnn.com - STOCKHOLM - Keputusan Swedish Academy menganugerahkan Nobel Sastra kepada Bob Dylan, Kamis (13/1) membuat penggila musik terutama dari Amerika Serikat bersorak kegirangan. Namun dunia memang dibikin terkejut.

Ya, Dylan mencatat sejarah. Untuk pertama kalinya, Nobel Sastra diberikan kepada seorang musikus, penulis lagu. "Pilihan tahun ini benar-benar mengecewakan,’’ kritik Per Svensson, penulis budaya pada koran Swedia Sydsvenskan.

Menurut dia, penghargaan paling bergengsi di bidang sastra itu lebih layak jatuh kepada penulis buku atau penyair. Tapi, panitia memang tidak selalu menganugerahkan Nobel Sastra kepada sastrawan. 

Pada 1953, Nobel Sastra diberikan kepada mendiang Perdana Menteri (PM) Inggris Winston Churchill.

Jika Churchill memenangkan nobel berkat pidato-pidato perangnya yang puitis, demikian halnya dengan Dylan. 

Kemarin, panitia menyebut penyanyi sekaligus pencipta lagu yang pandai bermain gitar itu sebagai sosok inspiratif. ’’Lagu-lagu yang dia ciptakan sangat puitis dan selalu dikemas dalam nuansa tradisional Amerika,’’ terang Swedish Academy. Keindahan kata-kata dan musikalitas lagu yang apik itulah yang membuat Dylan terpilih. 

"Bob Dylan adalah penyair yang hebat dalam tradisi negara-negara berbahasa Inggris,’’ tegas Sara Danius, ketua permanen Swedish Academy. 

STOCKHOLM - Keputusan Swedish Academy menganugerahkan Nobel Sastra kepada Bob Dylan, Kamis (13/1) membuat penggila musik terutama dari Amerika Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News