43 Desa di Kayong Utara Diminta Segera Bangun BUMDes

43 Desa di Kayong Utara Diminta Segera Bangun BUMDes
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Seluruh desa di Kayong Utara, Kalimantan Barat dimintabersama-sama menggerakkan ekonomi perdesaan dengan membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Presiden Jokowi sudah menginstruksikan kepada 17 kementerian untuk membantu kementerian desa. Karena itu, kepala desa, camat dan juga bupati harus menjadi motor dalam menggerakkan perekonomian desa," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo, Jumat (14/10).

Menurut Eko, pemerintahan Jokowi merupakan era yang pertama kali memberikan kewenangan ke desa untuk menata ekonomi sendiri.

 Langkah ini sebuah terobosan, karena desa dinilai paling memahami  kebutuhannya untuk dapat segera bangkit dari keterpurukan. Namun, tentunya dengan bantuan dari semua pihak.

"Ini merupakan yang pertama kali di dunia memberikan kewenangan ke desa dan menata ekonomiya sendiri. Satu desa dapat Rp 600-700 juta setiap tahun. Yang lebih membanggakan dana desa di Kayong Utara juga dapat dana bantuan dari provinsi dan kabupaten. Sehingga total rata-rata Rp 1,5-2,7 miliar," ujar Eko. (gir/jpnn)


JAKARTA – Seluruh desa di Kayong Utara, Kalimantan Barat dimintabersama-sama menggerakkan ekonomi perdesaan dengan membangun Badan Usaha Milik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News