PNS di Daerah Anda Menumpuk? Siap-siap Dimutasi Ya...

PNS di Daerah Anda Menumpuk? Siap-siap Dimutasi Ya...
Dari kiri, Director Batam Tourism Polytechnic, M.Nur A Nasution, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur usai berkunjung ke kampus Batam Tourism Polytechnic, Sekupang, Jumat (14/10). F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi tampaknya belum puas dengan tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini. 

Karena saat ini Kemenpan-RB tengah berencana meredistribusikan ASN yang bertumpuk di suatu wilayah untuk ditempatkan di wilayah lain.

"Mana yang paling banyak menumpuk akan didistribusikan. Tujuannya adalah untuk mengurangi belanja pegawai," ungkap Menpan Asman Abnur saat memberikan kuliah umum di kampus Batam Tourism Polytechnic, Batam, Kepri, Jumat (14/10).

Asman mengakui rasio belanja pegawai yang lebih dari 50 persen sangatlah buruk karena menghambat belanja untuk kebutuhan infrastruktur. 

"Contohnya di Lingga dan Bengkulu Selatan yang kabarnya mencapai 70 persen," jelasnya seperti diberitakan Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini (15/10).

ASN yang menjabat sebagai guru dan tenaga medis menjadi prioritas untuk dipindahkan dari wilayah padat ASN menuju wilayah atau provinsi lain yang kekurangan ASN.

Untuk hal ini, Kemenpan-RB tengah menyusun road map. Setiap provinsi akan diminta untuk melaporkan desain tata kelola ASN yang dimilikinya.

Ia juga mengungkapkan bahwa tenaga kontrak atau honorer tetap dalam posisinya sampai proses penerimaan ASN baru. "Tenaga kontrak yang tak bisa dijadikan ASN akan berada dalam posisi yang sama terlebih dahulu," jelasnya.(leo/ray/jpnn)

BATAM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi tampaknya belum puas dengan tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini. 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News