Blangko E-KTP Kosong Sebulan Lebih, 4 Ribu Pemohon Mengantre

Blangko E-KTP Kosong Sebulan Lebih, 4 Ribu Pemohon Mengantre
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - NONGSA - Sedikitnya 4.000 dokumen warga yang ingin membuat KTP baru di Kecamatan Batamkota, Batam, Kepulauan Riau harus bersabar menunggu. Pasalnya, blangko e-KTP sedang kosong, bahkan sudah sejak bulan Agustus. 

Sekcam Batamkota, Yudi Admaji menuturkan dalam sehari bisa 100 pemohon. "Kita tidak bisa melaani karena kehabisan blangko sejak 1 bulan 2 minggu lalu," katanya, seperti diberitakan Babel Pos (Jawa Pos Group) hari ini (16/10). 

Yudi mengatakan pihaknya harus menghadapi kekesalan masyarakat. Sebab ada masyarakat yang sudah menunggu selama satu bulan, namun KTPnya tak kunjung selesai. Menurut Yudi, semua bukanlah kesalahan pihaknya. Sebab tersendatnya percetakan, disebabkan tak ada lagi blangko KTP yang bisa dicetak. 

Namun Yudi bisa memaklumi warga yang marah-marah tersebut. Sebab warga inginnya, sampai di Kecamatan merekam KTP, foto dan langsung jadi. "Mereka kan gak tahu, blangko kosong. Kami akan tetap memberikan pengertian kepada warga," ungkapnya. 

Kebanyakan warga yang mengurus KTP, kata Yudi, remaja-remaja yang baru memasuki usia 17 tahun. Dan warga yang pindah domisili antar kecamatan. "Mereka yang baru tamat sekolah, ingin cari kerja. Jadi mengurus KTP," ucapnya. 

Saat ditanya mengenai kapan Kecamatan Batamkota mencetak KTP, Yudi mengatakan blangko baru datang pada bulan November. Ia berharap masyarakat bisa sabar, hingga blangko didistribusikan ke kecamatan. 

"Dengar-dengar November ini, semoga saja tidak molor. Sehingga KTP masyarakat bisa tercetak semuanya," pungkasnya.(ska/ray/jpnn)

NONGSA - Sedikitnya 4.000 dokumen warga yang ingin membuat KTP baru di Kecamatan Batamkota, Batam, Kepulauan Riau harus bersabar menunggu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News