Pak Sabam Tokoh Besar, Semoga Sehat Walafiat

Pak Sabam Tokoh Besar, Semoga Sehat Walafiat
Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi menyalami Sabam Sirait pada acara perayaan ulang tahun politikus senior itu yang ke-80 di Jakarta, Sabtu (15/10). Foto; RMO/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Tokoh pendiri PDI Sabam Sirait pada Kamis (13/10) genap berusia 80 tahun. Untuk merayakan ulang tahun (ultah) politikus senior itu, digelar acara di Balai Kartini, Sabtu (15/10).

Banyak tokoh menghadiri perayaan ultah mantan anggota DPR dari PDI Perjuangan itu. Ada Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, mantan Ibu Negara Sinta Nuriyah Wahid, hingga Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi.

Berbagai tokoh pun menuturkan kesan mereka tentang sosok ayah politikus PDIP Maruarar Sirait itu. Bagi Edi Rahmayadi, ketokohan Sabam  tak perlu diragukan lagi. “Pak Sabam adalah tokoh besar," katanya.

Edi secara khusus membawa pesan dari Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Edy menuturkan, Gatot tak bisa hadir karena sedang mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di  Kalimantan Barat.

"Panglima menyampaikan pesan untuk mengucapkan selamat ulang untuk Pak Sabam. Semoga Bapak sehat walafiat," katanya.

Sedangkan Akbar pada kesempatan sama menganggap Sabam sebagai seniornya di politik sekaligus mentor sesama aktivis mahasiswa. “Saya  belajar dari pengalaman yang Bang Sabam lakukan,” katanya.

Yang tak lepas dari catatan Akbar adalah peran besar Sabam dalam menyatukan partai berhaluan nasionalis menjadi PDI pada era fusi partai tahun 1973. Selain itu, kata Akbar menambahkan, Sabam juga berperan penting  untuk menjadikan Megawati sebagai Presiden RI kelima menggantikan Abdurrahman Wahid pada 2001.

“Saat itu Ibu Megawati menjadi presiden tidak lepas dari kiprah Bang Sabam Sirait,” kata Akbar di acara yang juga dihadiri politikus Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul itu, bos Lippo Group James Riady dan mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung itu.(rmo/jpg/ara/jpnn)


JAKARTA - Tokoh pendiri PDI Sabam Sirait pada Kamis (13/10) genap berusia 80 tahun. Untuk merayakan ulang tahun (ultah) politikus senior itu, digelar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News