Susun Biografi Pramoedya, Profesor Jepang Blusukan di Blora

Susun Biografi Pramoedya, Profesor Jepang Blusukan di Blora
Noriaki Oshikawa, profesor dari Daito Bunka University Japan bersama Wakil Bupati Blora Arief Rohman. Noriaki mengunjungi Blora dalam rangka menulis biografi Pramoedya Ananta Toer. Foto: Radar Kudus/JPG

jpnn.com - BLORA – Seorang profesor dari Daito Bunka University Japan, Noriaki Oshikawa berkunjung ke Blora, Jawa Tengah. Kedatangannya untuk meneliti sejarah sastrawan besar Indonesia Pramoedya Ananta Toer.

Noriaki tiba di Blora pada Kamis (14/10). Selanjutnya, pada Jumat (14/10) dia blusukan ke sejumlah lokasi yang berkaitan dengan Pramoedya.

Selain itu, Noriaku juga menyambangi makam Pram -sapaan Pramoedya- dan keluarganya. Lokasi lain di Kota Sate yang disambangi Noriaki adalah Stasiun Lama Blora dan Jembatan Bangkle.

Noriaki ditemani oleh adik kandung Pram, Susilo Toer dan anaknya. Rencananya, hasil penelitian Noriaki itu akan dijadikan buku biografi tentang Pramoedya.

Lokasi pertama yang dikunjungi Noriaki adalah rumah Pram. Dilanjutkan dengan mendatangi SMP N 5 Blora, sekolah yang dibangun ayah Pram, Mastoer.

Sekolah itu dulunya bernama Institut Budi Utomo. Dia juga melihat monumen Mastoer.

Dari SMP 5, Noriaki lantas ke rumah salah satu saudara Pram yang berada di depan sekolah itu. Noriaki kemudian mengunjungi makam Pram beserta keluarganya di Taman Makam Pahlawan Blora.

Makam Pram berjejar dengan makam keluarga yang totalnya ada delapan makam. Salah satunya makam nenek Pram, yang ditulisnya dalam buku berjudul Gadis Pantai.

BLORA – Seorang profesor dari Daito Bunka University Japan, Noriaki Oshikawa berkunjung ke Blora, Jawa Tengah. Kedatangannya untuk meneliti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News