PLTU Jawa-7 2 x 1.000 Mw Mulai Dibangun

PLTU Jawa-7 2 x 1.000 Mw Mulai Dibangun
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengapresiasi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jawa-7 2 x 1.000 Mw, yang sudah dimulai sejak April lalu.

Padahal fase pendanaan proyek baru rampung pada 29 September 2016. Penandatangan dilakukan oleh pihak konsorsium dan China Development Bank, selaku pemberi pinjaman biaya pembangunan proyek yang mencapai USD 1,8 miliar.

"Bagi PLN, hal ini membuktikan pihak kontraktor yakni konsorsium China Shenhua Energy Company Limited dan PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), anak perusahaan PLN, memiliki kemampuan secara finansial dengan menggunakan modal sendiri untuk persiapan konstruksi," ujar Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi.

Selain itu, financial close ini dicapai delapan hari lebih cepat dari periode yang disyaratkan dalam perjanjian pembelian tenaga listrik (PPA), yaitu enam bulan.

"Ini baru pertama kali terjadi untuk proyek IPP yang merupakan pencapaian yang luar biasa dalam sejarah implementasi IPP di Indonesia, apalagi untuk mega proyek dengan kapasitas total sebesar 2000 Mw,” tutur Agung.

Kehadiran PLTU yang berlokasi di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten ini diharapkan bisa memperbaiki cadangan pembangkit serta meningkatkan keandalan sistem Jawa Bali. Sehingga kondisi siaga atau kritis akibat kekurangan pembangkit tidak terjadi.

Saat ini, kapasitas terpasang sistem Jawa-Bali sebesar 33.863 MW dengan daya mampu 31.614 MW dan beban puncak 24.589 Mw.(chi/jpnn)

 


JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengapresiasi pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Jawa-7 2 x 1.000 Mw, yang sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News