Polda Papua Tangkap Dua Pimpinan Tertinggi KKB

Polda Papua Tangkap Dua Pimpinan Tertinggi KKB
Polda Papua berhasil menangkap empat orang KKB, dua di antaranya adalaj pimpinan tertinggi. Foto: Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Polda Papua membekuk dua orang yang diduga pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Paniai yaitu DY dan JY.

Selain menangkap DY dan JY, polisi juga mengamankan YW alias JW serta AK. YW selama ini dikenal sebagai juru bicara Dewan Militer TPN-PB. Sementara AK adalah anggota KKB.

Empat orang yang berhasil ditangkap sudah lama diburu aparat Polda Papua terkait sejumlah kasus kriminal. "Untuk diketahui JW dan DY merupakan pimpinan tertinggi KKB di wilayah Paniai, sementara JW merupakan juru bicara Dewan Militer TPN-PB,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw, seperti dikutip dari Cenderawasih Pos, Senin (17/10).

Waterpauw mengungkapkan, penangkapan keempat DPO ini bermula dari tertangkapnya JY oleh penyidik Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua di Perumnas IV Blok D No 27, Padang Bulan, Distrik Heram, Selasa (11/10). 

“Anggota kemudian melakukan pemeriksaan terhadap JY dan diperoleh informasi tiga DPO lainnya hendak kabur dari Jayapura ke Timika menggunakan pesawat,” bebernya.

Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti anggota Ditreskrimum Polda Papua ke Bandara Sentani dan berhasil mengamankan tiga DPO lainnya yaitu DY, JW alias YW dan AK, Kamis (13/10).

“Ketiga pelaku diamankan saat berada di dalam mobil yang terparkir di areal parkiran Bandara Sentani. Selanjutnya  ketiga tersangka dibawa ke Mapolda Papua,” tandasnya. 

Keempat DPO yang berhasil ditangkap menurut Waterpauw diduga terlibat sejumlah tindak kriminal di Kabupaten Paniai dari tahun 2011 hingga 2015. Bahkan beberapa kasus telah dilaporkan ke kepolisian di antaranya kasus dugaan pencurian dengan kekerasan serta pemerasan dan pengancaman yang diduga melibatkan DY dan JY di Kampung Wotai tepatnya di tanjakan menuju Kampung Keniapa, Paniai. 

JAYAPURA - Polda Papua membekuk dua orang yang diduga pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Paniai yaitu DY dan JY. Selain menangkap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News