Hari ini, Presiden Resmikan Bandara Pusat Distribusi Logistik di Pegunungan Tengah Papua

Hari ini, Presiden Resmikan Bandara Pusat Distribusi Logistik di Pegunungan Tengah Papua
Bandara Nop Geliat Dekai. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah merampungkan pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Nop Goliat, Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Bandar Udara Nop Goliat ini pada hari ini, Selasa (18/10).

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Bambang S. Ervan menjelaskan, pembangunan bandara ini ditujukan sebagai pusat distribusi logistik untuk wilayah pengunungan tengah Provinsi Papua.

"Yang sebelumnya dipusatkan melalui Bandar Udara Wamena selanjutnya didistribusikan melalui transportasi sungai dan darat ke masing-masing daerah tujuan," ujar Bambang dalam siaran persnya.

Pembangunan Bandar Udara Nop Goliat yang dibangun di atas lahan seluas 230 Ha tersebut, sudah dimulai sejak 2004 hingga 2010 dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 321 miliar.

“Pada sisi darat, Bandar Udara Nop Goliat juga dilengkapi gedung terminal seluas 1.906 m² berkapasitas 300 penumpang, sejumlah peralatan dan fasilitas penunjang lainnya,” jelas Bambang.

Bandara Nop Goliat sudah didarati pesawat jenis ATR 72 dan akan terus dikembangkan, sehingga mampu didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 737.

Keberadaan Bandara Nop Goliat diharapkan mampu meningkatkan kelancaran distribusi barang dan mengurangi kenaikan harga.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah merampungkan pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Nop Goliat, Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News