Duh, Priben Kiye Masih Belia Kok Pada Hamil di Luar Nikah?

Duh, Priben Kiye Masih Belia Kok Pada Hamil di Luar Nikah?
Ilustrasi: thebreastcancer.com

jpnn.com - PURBALINGGA - Angka pernikahan di bawah umur di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah tergolong tinggi. Sejak Januari hingga 13 Oktober lalu, Pengadilan Agama (PA) Purbalingga kebanjiran permohonan dispensasi nikah.

Ada 101 permohonan dispensasi yang didominasi kehamilan  di luar nikah.  Ketua PA Purbalingga Hasanuddin mengatakan, data yang dikantonginya menunjukkan ada 60 permohonan dispensasi karena hamil sebelum nikah.

“Sebagai pembanding, tahun lalu PA mengeluarkan 124 dispensasi nikah. Ini pun sudah meningkat dibanding tahun sebelumnya 104 kasus,” katanya seperti dikutip Radar Banyumas.

Ia menambahkan, sesuai fikih Islam maka pria bisa menikah jika sudah balig. Sedangkan wanita bisa menikah jika sudah haid.

Namun, sesuai undang-undang perkawinan, pernikahan hanya diizinkan ketika pria sudah 19 tahun dan wanita 16 tahun. “Menikah karena hamil kecelakaan rentan terjadinya masalah keluarga. Hamil di bawah umur juga berimbas pada kesehatan ibu dan anak,” tegasnya.

Untuk upaya pencegahan, orang tua harus bisa memberikan pemahaman terhadap pendewasaan usia pernikahan. Selain itu pendidikan dan keterampilan pada anak, peningkatan sosial ekonomi, penanaman nilai moral keagamaan dan perlindungan hukum terhadap anak.(amr/sus/jpg/ara/jpnn)

 


PURBALINGGA - Angka pernikahan di bawah umur di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah tergolong tinggi. Sejak Januari hingga 13 Oktober lalu, Pengadilan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News