Komputer KPU DKI Disusupi Program Untungkan Calon Tertentu? Usut!

Komputer KPU DKI Disusupi Program Untungkan Calon Tertentu? Usut!
Aksi massa berharap pilkada damai. Ilustrasi Foto: Ukon Furqon S/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Dugaan adanya bantuan dari pihak asing kepada penyelenggara Pilkada DKI Jakarta harus diusut tuntas. 

Pengusutan penting untuk memastikan tidak ada kepentingan asing atau kepentingan politik tertentu yang disusupkan. 
 
"Sekarang ini kan berkembang kecurigaan publik bahwa komputer dan laptop yang diterima KPU dan Bawaslu DKI itu telah diisi program, aplikasi atau apapun namanya yang disinyalir dapat memberikan keuntungan kepada calon tertentu," ujar Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin, Kamis (20/10).

Said mengaku masih percaya pada KPU dan Bawaslu DKI Jakarta. Namun karena masalah dugaan penerimaan bantuan telah mendapat perhatian luas dari masyarakat, maka tudingan negatif yang diarahkan kepada penyelenggara pemilu, termasuk kepada Pemda DKI Jakarta, harus diklarifikasi dan dibuktikan melalui mekanisme yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.
 
"Oleh sebab itu menurut saya, ada baiknya kasus ini dibawa ke lembaga DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) guna menguji kemandirian, kejujuran, keterbukaan, profesionalitas, dan akuntabilitas KPU dan Bawaslu DKI Jakarta," ujar Said.

Menurut Said, kasus ini juga penting dibawa ke DKPP untuk mendeteksi ada tidaknya penyimpangan yang dilakukan oleh Pemda DKI dan Sampoerna. 

Agar tidak terus menerus berkembang menjadi isu liar yang dapat mengganggu proses penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta yang diharapkan dapat berlangsung dengan jujur dan adil.
 
"Kalau DKPP memproses kasus ini, nanti Pemda DKI, Sampoerna dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pengadaan komputer dan laptop itu, bisa dipanggil untuk dimintai keterangan agar masyarakat bisa mengetahui secara terbuka ada tidaknya kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan," ujar Said.(gir/jpnn)

JAKARTA - Dugaan adanya bantuan dari pihak asing kepada penyelenggara Pilkada DKI Jakarta harus diusut tuntas.  Pengusutan penting untuk memastikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News