Ciaat… Ribuan Pendekar Dunia Tampil di Padang

Ciaat… Ribuan Pendekar Dunia Tampil di Padang
Para peserta menyaksikan para pendekar dari 10 negara memperlihatkan kebolehannya pada Festival Pencak Silat Internasional (FPSI) di GOR PT Semen Padang, Indrung, kemarin (20/10). Iven ini diikuti 1.067 pesilat dari 10 Negara. Foto: padangekspress/jpg

jpnn.com - PADANG — Sedikitnya 1.067 pesilat dari 10 negara dipastikan akan ikut ambil bagian pada perhelatan Festival Pencak Silat Internasional (FPSI) di GOR PT Semen Padang, Indrung, Sumbar pada 20-23 Oktober mendatang. Iven ini merupakan yang pertama kali dihelat Pemko, IPSI Kota Padang dan IPSI Sumbar.

Adapun 10 Negara yang ambi bagian antara lain, Jepang 1 pendekar, Singapura 11 pendekar, Malaysia 22 pendekar, Korea Selatan 10 pendekar, serta perwakilan dari ISI Padangpanjang yang berjumlah 12 perwakilan, Negara Madagaskar, Timor Leste , Lithuania, Fiji, Polandia, dan Italia. 

Selain peserta Internasional, FPSI ini diikuti 450 pesilat dari Kota Padang yang sebelumnya berpartisipasi pada Galanggang Siliah Baganti (GSB). 

“Untuk peserta keseluruhan, baik GSB dan Festival Pencak Silat Internasional jumlahnya sebanyak 1067 pendekar,” kata Ketua Panitia, Suardi.

Panitia juga mempersiapkan penghargaan bagi para pemenang dengan dua macam kategori yakni juara umum nasional dan juara umum tingkat Sumbar dengan total hadiah Rp 115 juta ditambah tropi pemenang.

FPSI sendiri secara resmi dibuka oleh Sekjen PB IPSI, Erizal Chaniago yang mewakili Ketum PB IPSI Prabowo Subianto. Kepada wartawan pria asal Sumbar ini mengaku bangga dengan Pemko Padang. 

Usaha Pemko Padang yang ternyata telah menganggarkan anggaran untuk pelaksanaan festival. Langkah yang diambil Pemko dan DPRD Padang menurutnya cerminan dari pedulinya pemerintah daerah dalam melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Untuk kegiatan berikutnya, PB IPSI akan ikut berperan,” jelasnya seperti diberitakan Padang Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini.

PADANG — Sedikitnya 1.067 pesilat dari 10 negara dipastikan akan ikut ambil bagian pada perhelatan Festival Pencak Silat Internasional (FPSI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News