Mau Gubernur DKI Ideal? Ini Kriterianya

Mau Gubernur DKI Ideal? Ini Kriterianya
Para pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta saat berswafoto bersama. Foto: Instagram/aniesbaswedan

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyarankan warga DKI Jakarta menetapkan kriteria sebelum memilih calon gubernur di ibu kota negara. Dari kriteria itu, pemilih bisa melihat calon yang sesuai.

Menurut dia, calon pemimpin ibukota yang dibutuhkan saat ini paling pertama adalah sosok yang konsisten. "Jadi, apa yang diucapkan, itu yang dilakukan," tutur Syamsuddin dalam diskusi tentang sebuah hasil survei elektabilitas calon gubernur DKI di  Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Kamis (20/10).

Yang kedua, lanjut dia, tentu saja pemimpin yang jujur dan bersih. Sebab, bagaimanapun Indonesia merupakan bangsa yang rentan terhadap praktik korupsi.  Karenanya, pemimpin yang jujur dan memiliki integritas sangat diperlukan Jakarta.

Ketiga, imbuhnya, DKI membutuhkan pemimpin yang bisa dekat dengan warganya serta mampu merespons keinginan masyarakat secara baik. Keempat, DKI butuh sosok yang mampu menunjukkan agenda kerja, solusi dan kebijakan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

"Nah, apakah ketiga pasangan calon yang ada saat ini memiliki agenda dan juga kebijakan yang jelas? Sebab kalau tidak jelas, kita memilih kucing dalam karung," pungkasnya.(uya/JPG)

 


JAKARTA - Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyarankan warga DKI Jakarta menetapkan kriteria sebelum memilih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News