Blusukan di Thamrin City, Anies Beber Jurus Lestarikan Batik Betawi

Blusukan di Thamrin City, Anies Beber Jurus Lestarikan Batik Betawi
Anies Baswedan, calon gubernur DKI dari koalisi Gerindra dan PKS. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat ikut melestarikan batik khas Betawi. Keinginannya adalah menjadikan batik Betawi mendunia seperti produk-produk kerajinan lain di Indonesia.

Anies pun sudah punya jurus agara batik Betawi semakin dikenal. "Kalau kita beli produk batik Betawi, maka mereka (perajin,red) akan bisa produksi terus,” ujarnya saat blusukan di kawasan Thamrin City, Jumat (21/10) petang.

Mantan menteri pendidikan dasar dan kebudayaan (Mendikbud) itu menilai kualitas dan keindahan batik Betawi tak kalah dengan batik-batik dari daerah lain.  Apalagi motif-motifnya juga disesuaikan dengan identitas budaya Jakarta.

Ada yang bermotif kerak telor, bajaj, patung Pancoran, hingga Monas. Anies menyempatkan membeli tiga helai kain Batik Betawi di salah satu kios di sela-sela blusukannya.

“Nah, batik-batik ini saya rasa kalau dipakai akan bisa membantu memberi identitas dan mendorong pertumbuhan batik Betawi ke depan,” ujar Anies.

Saat ini, jumlah perajin batik Betawi memang sangat terbatas. Bahkan, perajin yang asli orang Betawi sendiri sangat sedikit.

Padahal tantangan ke depan adalah bagaimana melestarikan batik Betawi di Jakarta. Pasangan bakal cagub dan cawagub Anies-Sandiaga Uno sendiri telah bertekad menggalakkan pembangunan manusia di Jakarta sebagai salah satu pilar pembangunan. Salah satunya, membangun kebudayaan, seperti mengembangkan batik Betawi.(gir/jpnn)

JAKARTA – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat ikut melestarikan batik khas Betawi. Keinginannya adalah menjadikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News