Ketahui Dampak Perceraian Bagi Kesehatan Anda

Ketahui Dampak Perceraian Bagi Kesehatan Anda
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - MENGAKHIRI hubungan jangka panjang dan membuat keputusan bercerai selalu dianggap sebagai hal yang negatif.

"Emosi negatif yang menyertai perceraian seperti kesedihan, kecemasan, kekhawatiran dan merasa kewalahan adalah jenis stres bagi tubuh," kata psikolog yang berbasis di Chicago dan terapis fisik Dr. Elizabeth Lombardo, PhD, seperti dilansir laman Health, Rabu (19/10).

Perpisahan dan perceraian juga bisa menciptakan stres kronis yang merugikan serta memengaruhi setiap organ tunggal dan sistem dalam tubuh Anda.

Satu, perceraian bisa mengakibatkan hal serius pada jantung Anda. Sebuah studi pada 2015 yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes, menemukan bahwa wanita yang bercerai 24 persen lebih mungkin mengalami serangan jantung.

Dan wanita yang pernah mengalami lebih dari satu perceraian memiliki peningkatan risiko serangan jantung sebesar 77 persen.

Penelitian lain dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa orang yang telah bercerai mengembangkan kondisi penyakit jantung kronis, masalah diabetes dan mobilitas, seperti kesulitan memanjat tangga.

Sementara, penelitian dari Journal of Applied Social Psychology menemukan bahwa konflik yang sedang berlangsung dengan mantan pasangan menempatkan beban nyata pada kesehatan mental.

Dan penelitian lain menemukan bahwa orang dengan riwayat depresi lebih mungkin kambuh jika mereka sedang melalui proses perceraian.

MENGAKHIRI hubungan jangka panjang dan membuat keputusan bercerai selalu dianggap sebagai hal yang negatif. "Emosi negatif yang menyertai perceraian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News