Menpar-Menhub Kompak Dongkrak Seats Capacity Wisman

Menpar-Menhub Kompak Dongkrak Seats Capacity Wisman
Foto/ilustrasi: Radar Bali/JPG

jpnn.com - JAKARTA – Targat kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019 mustahil terkejar tanpa dukungan akses. Dalam pengembangan destinasi pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selalu menggunakan rumus 3A, yakni atraksi, akses dan amenitas.

Tiga-tiganya harus seiring dan sejalan. Itulah alasan utama Menpar Arief Yahya melakukan roadshow ke beberapa airlines seperti Garuda Indonesia, AirAsia, Lion, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, dan berujung ke Kementerian Perhubungan RI.

“Kami sadar, soal aksesibilitas adalah tembok perintang halang yang tidak mudah ditaklukkan. Wisman itu 75 persen via udara, hanya 24 persen yang menyeberang via Batam-Bintan, dan satu persen  pelintas batas. Kapasitas tempat duduk yang ada saat ini, hanya mampu menampung jumlah wisman 12 juta, dan itu adalah target tahun ini, 2016. Saya sudah berhitung, ini adalah problem besar Pariwisata saat ini,” ujar Menpar Arief Yahya saat berkunjung dan menemui Menhub Budi Karya Sumadi.

Untuk target 12 juta di 2016 saja, saat ini dibutuhkan seats capacity 19,5 juta. Tahun depan, untuk target 15 juta wisman harus ada penambahan 4 juta seats baru, atau harus tersedia 23,5 juta seats.

Lalu tahun 2018 demi target kunjungan 18 juta membutuhkan tambahan lagi 3,5 juta seats atau 27 juta seats. Dan tahun 2019 dengan target 20 juta, maka seats yang butuhkan adalah 30 juta.

“Saya sudah menghitung, kalau dengan cara-cara biasa, pasti tidak akan ketemu target itu. Untuk mencapai target yang luar biasa, dibutuhkan cara yang tidak biasa. Saya sebut kuncinya ada 3A, airlines, airport, dan authority. Itulah mengapa kami harus duduk bersama dengan Kemenhub,” kata Arief.

Mirip dengan dunia informasi teknologi (IT), untuk bisa cepat mengunduh dan mengunggah file-file besar dibutuhkan bendwidth dan server berkapasitas besar pula.

Hanya saja untuk k
Lalu bagaimana mengejar celah seats capacity itu? Sebab, untuk target tahun depan 15 juta wisman pada tahun depan dibutuhkan 19 juta seats. Artinya harus ada  penambahan 4 juta seats.

JAKARTA – Targat kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019 mustahil terkejar tanpa dukungan akses. Dalam pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News