Sarkozy Resmikan Pangkalan Militer Prancis di UEA

Sarkozy Resmikan Pangkalan Militer Prancis di UEA
PANGKALAN - Para kru sebuah kapal pembawa suplai militer milik Prancis, Le Var, saat berkunjung beberapa waktu lalu, ke pangkalan militer yang tengah dibangun di UEA dan Selasa (26/5) ini diresmikan tersebut. Foto: Militaryphotos.net/Forum.
ABU DHABI - Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, hari ini, Selasa (26/5), dijadwalkan akan meresmikan pangkalan militer Prancis di Uni Emirat Arab (UEA). Ini merupakan juga momen keberadaan perdana bagi basis permanen militer Prancis di kawasan Teluk (Timur Tengah).

Seperti dilaporkan BBC, Sarkozy terbang ke Abu Dhabi, ibukota negeri itu, Senin (25/5) waktu setempat, bersama empat orang menteri dan serombongan pelaku bisnis. Sejumlah analis memang menilai bahwa pembukaan pangkalan militer ini sekaligus kian memperkuat posisi Prancis sebagai salah satu pelaku 'pasar persenjataan (militer)' penting di kawasan Teluk, bersama AS dan Inggris yang sudah lebih dulu punya pangkalan di sana.

Prancis sendiri saat ini sudah merupakan salah satu penyedia (peralatan) militer ke kawasan itu, serta sudah menandatangani kontrak kerjasama nuklir dengan UEA tahun lalu. Yang jelas "Peace Camp", demikian nama yang diberikan bagi pangkalan tersebut, akan diperkuat oleh sekitar 500 serdadu Prancis serta bakal terdiri dari pangkalan angkatan laut, angkatan udara, serta sebuah kamp pelatihan.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan majalah Diplomatie, kehadiran pangkalan militer Prancis di UEA menggarisbawahi keinginan negerinya "untuk berpartisipasi sepenuhnya dalam (menjaga) stabilitas kawasan yang sangat penting artinya bagi kelangsungan dunia tersebut".

ABU DHABI - Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, hari ini, Selasa (26/5), dijadwalkan akan meresmikan pangkalan militer Prancis di Uni Emirat Arab (UEA).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News