BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Tiga Hari ke Depan

BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Tiga Hari ke Depan
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com - JAKARTA - Cuaca di beberapa daerah bakal tak bersahabat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan dini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S. Swarinoto menuturkan, kondisi atmosfer saat ini menunjukkan indikasi munculnya potensi hujan lebat. Hujan akan disertai pula dengan kilat atau petir dan angin kencang. 

Ada 18 daerah yang diperkirakan mengalami hujan lebat ini. Yakni Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur. Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua. ”Diperkirakan terjadi dalam tiga hari ke depan mulai 23-25 Oktober,” ungkapnya kemarin.

Selain cuaca buruk, tinggi gelombang di lautan juga mengalami kondisi serupa. Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2,5-4 meter di perairan utara Aceh, Laut Andaman, perairan barat Bengkulu, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, perairan selatan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru. 

Karena itu, masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin. ”Imbauan itu juga ditujukan pada pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir. Waspada potensi gelombang laut tinggi,” ujarnya. (mia/oki/adk/jpnn)


JAKARTA - Cuaca di beberapa daerah bakal tak bersahabat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan dini. Deputi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News