Siap-Siap, Akan Ada Kejutan di Pengumuman Juara Sayembara Desain Homestay

Siap-Siap, Akan Ada Kejutan di Pengumuman Juara Sayembara Desain Homestay
Foto/ilustrasi: Radar Bali

jpnn.com - JAKARTA - Teka teki siapa yang akan menjadi pemenang Sayembara Desain Homestay Nusantara 2016 mulai menunjukkan titik terang. Propan Raya selaku panitia pelaksana sayembara itu telah memutuskan 30 finalis yang bakal bersaing ketat memperebutkan juara pada saat pengumuman di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, 25 Oktober 2016 mendatang.

”Finalis-finalis itu diambil dari seluruh peserta dan dilihat dari 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata, di satu destinasi ada tiga finalis yang masuk, maka totalnya menjadi 30 finalis,” ujar Hendra Adidharma selaku owner Propan Raya.

Penyelenggara kegiatan yang sukses memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sayembara Desain Arsitektur Nusantara Homestay untuk peserta terbanyak itu adalah gawe Propan Raya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Hadiah totalnya Rp 1 Miliar.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya senang dengan antusiasme para desainer muda yang memiliki selera tinggi. “Kita juga akan bekerja sama dengan Kemendes dan Kemen-PU PR untuk membangun lebih banyak desa wisata di tanah air, dengan menggunakan desan arsitektur ini,” katanya.

Jika dilakukan dengan konsisten dan dikelola berdasarkan cluster yang terencana, maka rumah-rumah homestay itu sendiri akan menjadi atraksi yang memikat. Orang datang bukan hanya karena amenitas yang murah meriah di homestay, tetapi karena ada atraksi dan sensasi yang khas dari masing-masing daerah, karena perbedaan desain sesuai dengan suku bangsa, adat istiadat, dan budaya membangun rumahnya.

Sayembara Desain Rumah Wisata Nusantara 2016 ini mendapat respon yang luar biasa dari berbagai arsitek di Indonesia sejak diluncurkan pada Malam Arsitektur Nusantara bulan Juli lalu. Tercatat sebanyak 993 tim yang mendaftar melalui website http://arsitekturnusantara.propanraya.com/ untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan sayembara ini.

Hingga proses penjurian pada akhir September 2016, terdapat 728 karya arsitektur bercorak Nusantara yang selaras dengan arsitektur di 10 Destinasi Wisata Prioritas membanjiri Balairung Soesilo Sudarman Gedung Satpat Pesona Kemenpar. Sekadar informasi, 10 destinasi prioritas yang telah ditetapkan pemerintah adalah Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jateng), Bromo-Tengger-Semeru (Jatim), Mandalika (NTB), Komodo (NTT), Wakatobi (Sultra), Morotai (Maluku Utara).

”Ke-30 finalis memperlihatkan design yang bagus dan menarik, untuk nama-nama finalis kami tidak bisa informasikan dulu, biar nanti tanggal 25 Oktobermenjadi sebuah kejutan,” katanya.

JAKARTA - Teka teki siapa yang akan menjadi pemenang Sayembara Desain Homestay Nusantara 2016 mulai menunjukkan titik terang. Propan Raya selaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News