Ciaat... 800 Pesilat Ini Unjuk Kebolehan Sekaligus Melestarikan Budaya

Ciaat... 800 Pesilat Ini Unjuk Kebolehan Sekaligus Melestarikan Budaya
SENGIT Dua pesilat memperlihatkan kepiawaiannya pada Festival GSB ke VII tingkat Kabupaten Tanahdatar, Sumbar di lapangan Hijau Lima Kaum, Kecamatan Lima Kaum, kemarin. Foto:Padang Ekspres/jpg

jpnn.com - TANAHDATAR - Sedikitnya 800 pesilat ambil bagian dalam Festival Gelanggang Silih Beganti VII di lapangan Hijau Lima Kaum, Kecamatan Lima Kaum,Kabupaten Tanahdatar, Sumbar, Minggu (23/10).

Pada kesempatan itu pengurus IPSI se-Kecamatan Tanahdatar juga dikukuhkan oleh Ketua IPSI Tanahdatar, Zuldavri Darma yang juga Wakil Bupati Tanahdatar, sekaligus menampilkan atraksi tuo silek.

Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi saat membuka kegiatan, menyampaikan rasa bangga dengan keikutsertaan peserta GSB yang jauh meningkat pada tahun sebelumnya. 

Itu membuktikan bahwa sasaran silat telah berkembang dengan pesat di Tanahdatar.

“Karena itulah, harapan kita ke depan, bagaimana sasaran silat yang ada ini diintegrasikan dengan kegiatan di surau dan pemerintah nagari sebagai ujung tombak pemerintahan,” ungkap Tarmizi seperti diberitakan Padang Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini.

Untuk mendukungan pengembangan silat di Tanahdatar, Pemkab juga menganggarkan pemberdayaan masyarakat sekitar 30 persen. 

Ini termasuk untuk pembinaan gelanggang silat. Jika dana Nagari sebesar Rp 1,2 miliar, artinya Rp 300 juta bisa diperuntukan untuk pemberdayaan masyarakat

Sehingga, generasi muda tidak hanya belajar silat di sasaran silat tetapi juga diintegrasikan belajar agama di surau, mushala ataupun masjid yang ada di sekitar itu. 

TANAHDATAR - Sedikitnya 800 pesilat ambil bagian dalam Festival Gelanggang Silih Beganti VII di lapangan Hijau Lima Kaum, Kecamatan Lima Kaum,Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News