Peralatan e-KTP Terbatas, Ribuan Lansia Belum Terekam

Peralatan e-KTP Terbatas, Ribuan Lansia Belum Terekam
warga Purbalingga di Jawa Tengah saat merekamkan diri untuk memperoleh e-KTP. Foto: Radar Banyumas/JPG

jpnn.com - PURBALINGGA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purbalingga mengaku kesulitan memenuhi target 100 persen perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Berdasarkan data yang ada, banyak warga yang belum merekamkan data karena sudah lanjut usia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kabupaten Purbalingga Suparso mengatakan, warga lanjut usia memang secara fisik tak memungkinkan datang untuk melakukan perekaman e-KTP. “Sehingga sementara kami melakukan pengecualian terhadap mereka untuk tidak melakukan rekam e-KTP,” ujarnya seperti diberitakan Radar Banyumas (Jawa Pos Group).

Dia mengatakan, jika kondisi sudah memungkinkan maka Disdukcapil akan melakukan jemput bola ke rumah pemohon e-KTP, terutama yang berusia lanjut. Hanya saja, saat ini hal itu belum memungkinkan. “Karena terbatasnya peralatan rekam e-KTP,” katanya.

Namun, Disdukcapil Purbalingga sudah melakukan jemput bola kepada warga yang sudah wajib memiliki e-KTP. Di antaranya melakukan langsung di balai desa dan sekolah. “Kami menggunakan mobil keliling,” imbuhnya.

Hingga September, warga yang sudah melakukan perekaman sebanyak 672.433 orang, atau sudah 95,31 persen dari jumlah warga penduduk yang wajib KTP. Sedangkan  33.062 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Di Kabupaten Purbalingga tercatat ada 937.758 penduduk. Sedangkan jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 705.495 orang.

Suparso menambahkan,  untuk mendukung terpenuhinya 100 persen penduduk wajib KTP yang sudah melakukan rekam e-KTP, pihaknya menambah loket perekaman e-KTP dari satu loket menjadi tiga loket pelayanan. Upaya lainnya dengan pelayanan perekaman e-KTP keliling secara rutin, serta melakukan perekaman e-KTP di sekolah.

“Untuk blangko yang diterima dari pusat sebanyak 75.541, dan yang sudah tercetak 68.001,” ujarnya.(tya/sus/jpg/ara/jpnn)


PURBALINGGA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purbalingga mengaku kesulitan memenuhi target 100 persen perekaman data kartu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News