Asyiiikk! Status Gunung Raung Normal

Asyiiikk! Status Gunung Raung Normal
Gunung Raung saat kondisi erupsi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BANYUWANGI - Status Gunung Raung akhirnya kini kembali turun dari level II (waspada) menjadi level I (normal).

Ini terjadi setelah sejak 2014 kondisi gunung itu naik turun.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status gunung di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember tersebut sejak pukul 18.00 pada Kamis (20/10).

Namun, PVMBG mengimbau pengunjung atau wisatawan tidak turun mendekati kawah.

Selain itu, pengunjung diminta tidak berkemah di sekitar puncak atau bibir kaldera/kawah.

Sebab, gas vulkanis yang keluar dari kawah gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut tersebut berbahaya bagi kehidupan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Kusiyadi membenarkan adanya penurunan status Gunung Raung itu.

''Surat resmi dari PVMBG memang belum kami terima. Tapi, kami sudah mendapat informasi terkait dengan penurunan status Gunung Raung tersebut. Informasi itu valid,'' jelasnya.

Kusiyadi menambahkan, meski status Gunung Raung sudah normal, pihaknya mengimbau para pengunjung, terutama para pendaki, berhati-hati saat berada di gunung tersebut.

''Penjaga pos-pos pendakian yang berada di Kalibaru atau Sempu juga kami imbau menyampaikan informasi kepada para pendaki agar berhati-hati dan mengikuti prosedur dan imbauan PVMBG itu,'' tuturnya. (sgt/aif/c5/diq/flo/jpnn)

 


BANYUWANGI - Status Gunung Raung akhirnya kini kembali turun dari level II (waspada) menjadi level I (normal). Ini terjadi setelah sejak 2014


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News