Ayo ke Lombok, 5-7 November Ada Festival Pesona Gili Indah

Ayo ke Lombok, 5-7 November Ada Festival Pesona Gili Indah
Suasana di Pulau Gili Trawangan, NTB. Foto: Lombpk Post

jpnn.com - GILI - Pada 5-7 November mendatang akan ada Festival Pesona Gili Indah 2016. Lokasinya di tiga Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB). Yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Yang unik dari festival itu adalah rencana untuk menebar 100 flamboyan (delonix regia). Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB, Mohammad Lalu Faozal, penebaran bibit flamboyan delonix regiaitu untuk  menjaga kelestarian dan kelangsungan lingkungan di Gili sana agar destinasi pariwisatanya lestari dan semakin alami.

“Kali ini kami akan memberdayakan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sebagai destinasi level dunia. Bahkan, kami akan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia, red), dalam kategori pengerahan masyarakat terbanyak dalam bersih-bersih lingkungan dan destinasi wisata,” katanya.

Faozal mengatakan, pihaknya baru saja menggelar rapat koordinasi di Kantor Bupati Kabupaten Lombok Utara. Kata dia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB akan mendukung tiga hal pada festival itu. Yakni manajemen event, aktivitas event dan branding event.

”Diharapkan kerjasama dari semua elemen terutama industri untuk ikut menggaungkan Festival Pesona Gili Indah. Karena ini menjadi Curt Event Tahunan Pariwisata di Lombok,” ujarnya.

Selain mengejar rekor MURI, imbuh Faozal, Festival Gili akan akan diramaikan dengan pelepasan tukik alias penyu kecil dan penanaman seribu pohon flamboyan. ‘’Kami ingin, even ini lebih banyak melibatkan warga dan wisatawan, mengajak berkonservasi lingkungan, karena itu akan sangat bermakna terhadap destinasi di Lombok,” tuturnya.

Sedangkan untuk urusan penanaman seribu bibit pohon Flamboyan di Gili, penyelenggara juga bekerja sama dengan pegiat lingkungan Pawang Rinjani. Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi akan ikut menanam seribu bibit flamboyan  di tiga lokasi di Gili.

“Urusan lingkungan, Pak Gub memberikan perhatian serius, jadi pimpinan kami akan mendukung hal ini dan sudah mendapatkan tanggapan positif,’’ ungkap Faozal.

GILI - Pada 5-7 November mendatang akan ada Festival Pesona Gili Indah 2016. Lokasinya di tiga Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB). Yakni Gili Trawangan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News