Pipa Bocor, Lapindo Matikan Sumur Tanggulangin 5

Pipa Bocor, Lapindo Matikan Sumur Tanggulangin 5
Ilustrasi Pipa Gas. Foto gcastd

jpnn.com - Sidoarjo –  Menyusul kebocoran yang terjadi pada pipa penyalur distribusi menuju ke gas plant yang ada di Tanggulangin (TGA) 3, PT Lapindo Brantas melakukan shut-in atau mematikan sumur secara manual pada sumur TGA 5.  Meski begitu perusahaan tersebut menjamin pasokan jargas bagi warga tidak terganggu.

“Kami pasok gas dari sumur lain yakni ke sumur TGA 1 dan TGA 2. Kami saat ini sedang bersiap memperbaiki pipa yang bocor agar sumur TGA 5 segera berproduksi kembali,” kata Vice President  Operation PT Lapindo Brantas Inc Harsa Harjana.

Penjelasan itu disampaikan Lapindo Brantas menyusul  kekhawatiran warga bahwa pasokan gas untuk program Jargas bakal  mengalami gangguan.  Seperti diketahui, Pertagas sedang menuntaskan program jargas sekitar  3.850 sambungan rumah (SR) untuk warga Tanggulangin, Sidoarjo. Gas program Jargas itu diambilkan dari sumur Lapindo Brantas yang ada di Tanggulangin.

Harsa menjelaskan, pipa yang bocor ada di bawah aliran sungai yang mengalir di Desa Kalidawir. Dugaan sementara, pipa yang bocor  ada pada bagian ujung pipa di bawah air sungai, tepatnya pada kedalaman 2 meter dari dasar sungai.

“Diduga, kebocoran itu akibat ada timbunan air yang terbawa gas pada bagian pipa yang berbentuk ‘U’. Karena itu, kami tidak akan memperbaiki pipa lama yang ada di bawah sungai. Tetapi mengganti dengan pipa baru dan memindahkan posisinya menjadi di atas  sungai,” kata Harsa Harjana.

Harsa menjelaskan, kebocoran pipa itu terjadi tanggal 15 Oktober lalu, tepatnya sekitar pukul 22.00. Saat itu Marsam, warga Kalidawir, melihat ada buble dan air muncrat bersama endut dari sungai. 

Mendapat laporan itu, Chusnul  Maab selaku Operator Produksi Lapindo Brantas langsung melakukan pengecekan tekanan sumur TGA 5. Dari data yang ada di Gas Flow Computer terlihat tekanan gas memang drop yang mengindikasikan terjadinya kebocoran  pipa gas. Karena itu, langsung dilakukan shut-in pada sumur TGA 5.

Tidak sampai 30 menit, aliran gas sudah bisa dihentikan untuk meminimalkan risiko. Sekitar pukul 23.00 buble dan air bercampur endut yang muncrat sudah berhenti total.

Sidoarjo –  Menyusul kebocoran yang terjadi pada pipa penyalur distribusi menuju ke gas plant yang ada di Tanggulangin (TGA) 3, PT Lapindo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News