Jangan Main SARA, Pasangan Cagub DKI Harus Dewasa

Jangan Main SARA, Pasangan Cagub DKI Harus Dewasa
Ruhut Sitompul selaku juru bicara tim pemenangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menyalami barisan massa Lintas Pemuda Etnis Nusantara saat hendak memasuki Balai Sudirman, Senin (24/10). Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -. Beragam cara dilakukan masyarakat Jakarta menyambut penetapan calon Gubernur DKI yang digelar di Balai Sudirman, Senin (24/10). Contohnya seperti yang dilakukan massa yang mengatasnamakan Lintas Pemuda Etnis Nusantara.

Mereka menggelar aksi damai di depan pintu gerbang menuju kompleks Balai Sudirman. Namun berbeda dari aksi-aksi unjuk rasa umumnya, massa Lintas Pemuda Etnis Nusantara tidak berorasi. Mereka hanya membentangkan spanduk sambil membagi-bagikan selebaran berisi seruan Jaga Kebhinnekan, Pilkada Tanpa Isu SARA.

Koordinator massa Lintas Pemuda Etnis Nusantara, Andriano mengatakan, seruan itu didasari kekuatan Indonesia yang berasal dari keanekaragaman SARA yang dijunjung tinggi, yang dijaga dan dirawat bersama.

"Artinya, menjaga kebhinekaan adalah menjaga Indonesia itu sendiri. Kami juga menyerukan para calon untuk siap menang dan siap kalah. Para simpatisan dan pendukung juga harus bersikap dewasa. Karena pilkada merupakan pertarungan ide, gagasan dan visi misi," ujarnya.

Massa juga mengajak seluruh masyarakat Jakarta tentang untuk menjaga kesatuan bangsa meski pilihan di pilkada nanti berbeda-beda. Menurut Andriano, suksesnya pilkada DKI adalah tanggung jawab bersama.

"Suksesi Pilkada DKI Jakarta adalah tanggung jawab semua pihak, baik KPU selaku penyelenggara, aparat kepolisian dan para pendukung calon. Mempunyai kewajiban yang sama, yaitu menjadikan pilkada ajang demokrasi yang aman, bermartabat, tanpa fitnah dan tanpa bermain isu SARA," ujar Andriano.

Menurut Andriano, massa menyampaikan imbauan, karena siapapun yang menang nantinya, merupakan kemenangan rakyat.(gir/jpnn)

 

JAKARTA -. Beragam cara dilakukan masyarakat Jakarta menyambut penetapan calon Gubernur DKI yang digelar di Balai Sudirman, Senin (24/10). Contohnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News