Pak Jokowi Lagi Kesal, PNS Masih Sibuk Urus SPJ

Pak Jokowi Lagi Kesal, PNS Masih Sibuk Urus SPJ
Presiden Joko Widodo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Presiden Joko Widodo kembali memberikan kritik pedas pada kinerja pegawai negeri sipil (PNS) saat ini.

Menurutnya, masih saja ada PNS yang sibuk mengurus jatah SPJ-nya dibanding bekerja sungguh-sungguh di lapangan.

"Di sekolah guru lebih sibuk urus SPJ daripada kegiatan belajar mengajar. Di instansi juga sama di PU misalnya tidak mengurus, mengontrol di lapangan tapi justru juga di meja semua urusan SPJ," tegas Jokowi, sapaan Presiden saat memimpin rapat terbatas di kantor presiden, Jakarta, Senin (24/10).

Karena itu, Jokowi meminta para menteri dan kepala lembaga negara lebih tegas menindak dan mengawasi kinerja PNS di institusi masing-masing.

Dia menyatakan, harus ada reformasi total pada manajemen aparatur sipil negara.

"Tolong betul-betul ini nanti menteri-menteri ratas mengenai SPJ. Khusus ini betul-betul segera dilakukan karena  menyita energi kita, menyita waktu kita," imbuh Jokowi.

Jokowi meminta Kemenpan segera menjalankan perombakan dari hulu sampai hilir.

Dari sisi kuantitas, menurutnya, pemerintah memerlukan jumlah PNS yang proporsional, dengan memperhatikan junlah penduduk, kemampuan keuangan negara, serta perkembangan kemajuan teknologi informasi  ke arah yang sistem pemerintahan yang berbasis elektronik.

JAKARTA--Presiden Joko Widodo kembali memberikan kritik pedas pada kinerja pegawai negeri sipil (PNS) saat ini. Menurutnya, masih saja ada PNS yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News