Dua Tahun Jokowi Pimpin Pemerintahan Angkat Indeks Pendidikan

Dua Tahun Jokowi Pimpin Pemerintahan Angkat Indeks Pendidikan
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - ‎JAKARTA - Pembangunan pendidikan selama dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menunjukkan hasil positif. Terjadi kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 0,75 poin dari 68,8 pada 2014, menjadi 69,55 di tahun 2015.

Selain itu ada pula kenaikan indeks pendidikan sebesar 0,82 poin dari 60,18 pada 2014 menjadi 61,00 di 2015.

Peningkatan IPM itu disebabkan peningkatan rata-rata lama sekolah (years of schooling) penduduk usia 25+ dari 7,73 tahun menjadi 7,83 tahun, serta  peningkatan harapan lama sekolah (expected years of schooling) dari 12,39 tahun menjadi 12,55 tahun.

“Saat ini kami fokuskan pada peningkatan akses layanan pendidikan, menguatkan pendidikan vokasi sebagai langkah strategis untuk produktivitas dan daya saing, serta mejadikan kebudayaan menaungi pendidikan nasional sebagai bagian dari upaya penguatan karakter bangsa,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta, Senin (24/10).

Dia menjelaskan, peningkatan akses pada layanan pendidikan ditempuh melalui beragam upaya. Di antaranya melalui perbaikan dan penyediaan infrastruktur fisik ruang kelas dan gedung sekolah.

Tercatat sampai 2015, Kemendikbud telah merehablitasi sekitar 13.403 ruang belajar, membangun 698 Unit Sekolah Baru (USB), dan 12.385 Ruang Kelas Baru (RKB).
Hal itu sejalan dengan poin ketiga dalam Nawacita gagasan Presiden Joko Widodo tentang upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa.


"Sebagai perwujudan semangat Nawacita ketiga untuk membangun dari pinggiran dan upaya mewujudkan pendidikan untuk semua, di tahun 2016 Kemendikbud membangun 114 Sekolah Garis Depan di berbagai daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal, red),” terang Muhadjir.

Hal tersebut diperkuat dengan menugaskan 7.000 Guru Garis Depan (GGD) untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik. Angka itu meningkat sepuluh kali lipat dari tahun sebelumnya sebanyak 797 guru.

‎JAKARTA - Pembangunan pendidikan selama dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menunjukkan hasil positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News