Kapasitas Produksi Bioethanol Minim

Kapasitas Produksi Bioethanol Minim
Kapasitas Produksi Bioethanol Minim
JAKARTA- Diversifikasi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar nabati (BBN) menghadapi kendala serius berupa ketersediaan bahan baku. Di mana jumlah molasses atau singkong yang merupakan bahan baku utama bioethanol sangat sedikit.

Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mencatat, hanya 35 persen produsen ethanol yang berkemampuan memproduksi bioethanol sebanyak 100 ribu kiloliter (KL). Itupun hanya sepersepuluh yang memproduksi.

“Jika semua kapasitas bioethanol diberdayakan maka akan terpenuhi 16 persen dari mandatori atau 0,5 persen dari premium,” ungkap Ketua Aprobi Paulus Tjakrawan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (27/5).

Untuk pemakaian premium dan BBN pada 2010 terdapat perbedaan yang sangat besar. Di mana prediksi penggunaan premium 2010 mencapai 21,4 juta KL, sedangkan bioethanol satu persen atau 215 ribu KL dengan kapasitas produksi ethanol 260 ribu KL.

JAKARTA- Diversifikasi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar nabati (BBN) menghadapi kendala serius berupa ketersediaan bahan baku. Di mana jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News