Sukses, Potensi Transaksi ITB Asia Tembus USD 20 Juta

Sukses, Potensi Transaksi ITB Asia Tembus USD 20 Juta
Booth Kementerian Pariwisata RI di ITB Asia 2015 di Singapura. Foto: itb-asia.com

jpnn.com - SINGAPURA - Antusiasme pelaku industri pariwisata semakin terasa di ITB Asia  yang digaungkan dari Marina Bay Sands, Singapore, 19-21 Oktober 2016. Dari 90 industri yang difasilitasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk tampil 3 hari di forum business to business (B to B) itu, tercatat ada 1.578 appointments dengan jumlah 71.553 pax.

Potensi transaksinya senilai USD 20,15 juta atau sekitar Rp 260 Miliar.  Angka itu berarti naik drastis dari capaian ITB Asia tahun 2015 lalu, yang tercatat Rp 30 Miliar.

Sebenarnya tahun 2016 ini diproyeksikan naik 30 persen, menjadi sekitar Rp 40 M. "Ternyata naik pesat 764 persen dari capaian tahun 2015 lalu. Wonderful Indonesia semakin kuat menjadi destinasi yang banyak diminati," sebut Rizki Handayani Mustafa, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah ASEAN.

"Dari perbincangan dengan para pelaku industri yang bertemu dalam sellers and buyers itu, terlihat bahwa pasar India, China dan Eropa sangat bergairah. Peluang itulah yang kami tangkap dan kami maksimalkan bersama dengan industri," jelas Rizki.

ITB Asia adalah salah satu forum B to B yang paling potensial di pasar Asia. Event itu menggunakan brand ITB Berlin yang merupakan bursa industri pariwisata terbesar di dunia, dan dihelat di ibu kota Jerman itu setiap tahunnya.

Tagline mereka adalah One World, One Industry, One Brand. ITB juga membuka ITB Asia di Singapore, ITB China di Shanghai, Tiongkok 10-12 Mei 2017 dan BITB New Delhi India, 3-6 Oktober 2016.

Dari 4 bursa yang di-endorse ITB Berlin, total menghasilkan lebih dari Euro 7 miliar, 250.000 buyers dan pengunjung, 12.000 exhibitors. Di arena itu juga selalu ada conferences yang menghadirkan tokoh-tokoh kompeten di industri pariwisata.

Itulah mengapa Menpar Arief Yahya mengirimkan dua tim percepatan Kemenpar yang tampil di forum ITB Asia. Pertama adalah Hiramsyah Sambudhy Thaib selaku ketua Pokja Percepatan 10 Bali Baru, atau 10 top destinasi prioritas yang sedang memoles tujuan wisata baru.

SINGAPURA - Antusiasme pelaku industri pariwisata semakin terasa di ITB Asia  yang digaungkan dari Marina Bay Sands, Singapore, 19-21 Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News