Sejumlah Sekolah Terbelit Utang

Sejumlah Sekolah Terbelit Utang
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - SANGATTA - Sejumlah sekolah di Kutai Timur (Kutim), Kaltim, kelabakan. Pasalnya, Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) belum juga cair, sementara utang pembelian alat kebutuhan sekolah menumpuk.

Kepala Sekolah SD 002 Sangatta Utara, Hariono menuturkan, pihaknya mengaku bingung lantaran hingga saat ini dana tersebut belum juga cair. 

Bahkan dana tersebut mulai dari triwulan pertama hingga keempat.

“Belum ada cair satu triwulan pun. Jadi, selama belum cair, kita masih mengutang untuk kebutuhan sekolah. Salah satunya, masalah ATK seperti kertas, spidol, alat pelajaran, alat olahraga dan lainnya,” ujar Hariono yang juga Sekretaris PGRI itu.

Disinggung apa penyebabnya, dia mengaku tidak tahu pasti. Namun, diduga ikut terdampak akibat devisit anggaran yang tengah dialami Pemkab Kutim.

“Untungnya kita sudah langganan dengan took. Makanya belum ada tagihan. Tetapi kita harap bisa segera cair. Paling tidak, bisa didahulukan pencairannya untuk yang penting-penting. Karena itu akan sangat dibutuhkan,” katanya.

Senada, Kepala Sekolah SMA 1 Sangatta Utara Andi Hasbi, juga mengaku belum mendapatkan jatah pencairan dana Bosda. Dirinya tidak mengetahui penyebabnya. 

“Belum, belum ada yang cair. Saya juga belum jelas kapan waktunya (Pencairan,red),” sebut Andi.

SANGATTA - Sejumlah sekolah di Kutai Timur (Kutim), Kaltim, kelabakan. Pasalnya, Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) belum juga cair, sementara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News