Dua Hakim PT Kupang Dilaporkan ke KY

Dua Hakim PT Kupang Dilaporkan ke KY
Kantor Komisi Yudicial. FOTO: Komisiyudicial.co.id

jpnn.com - KUPANG - Dua hakim Pengadilan Tinggi (PT) Kupang bersama seorang advokat dan seorang wiraswasta diadukan ke Komisi Yudisial (KY) RI. Mereka diduga melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim dalam perkara Nomor 126/PDT/2015/PT.KPG.

Pelapor dalam perkara ini adalah Rudyanto Go, yang didampingi Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), yakni Petrus Selestinus dan Posma Ganda Siahaan.

Selain melapor ke KY, TPDI juga melapor ke Badan Pengawasan Mahkamah Agung (MA) pada tanggal 24 Agustus 2016.

Dalam laporan tersebut, terlapor I adalah Simplisius Donatus selaku hakim PT Kupang, terlapor II adalah I Dewa Made Alit Darma juga selaku hakim PT Kupang, turut terlapor I adalah Andreas Aseng selaku wiraswasta dan Marianus Moa selaku advokat sebagai turut terlapor II.

Kepada Timor Express (Jawa Pos Group), Selasa (25/10), Koordinator TPDI, Petrus Selestinus menjelaskan, Rudyanto Go selaku Tergugat telah digugat oleh Andreas Aseng di Pengadilan Negeri (PN) Maumere dalam dua perkara, masing-masing perkara gugatan perdata nomor: 12/PDT.G/2013/PN.MMR, yang telah diputus pada tanggal 25 Juli 2013. Selanjutnya, perkara gugatan nomor: 13/PDT.G/2013/PN.MMR yang telah diputus tanggal 25 Juli 2013.

Lebih lanjut, menurut Petrus, untuk kedua perkara gugatan tersebut PN Maumere dalam putusannya menolak seluruh gugatan Penggugat, yakni Andreas Aseng. Selanjutnya, pada tingkat pemeriksaan banding di PT Kupang, putusan PT Kupang menyatakan gugatan Penggugat Andreas Aseng dinyatakan tidak dapat diterima. "Dan selanjutnya baik Penggugat maupun Tergugat tidak menempuh upaya hukum berupa kasasi," kata Petrus.  

Ia menjelaskan, masih dalam perkara dengan obyek yang sama, kecuali subyek atau pihak-pihak yang berbeda, Penggugat Andreas Aseng menggugat Angelus Pius Pao dan kawan-kawan tanpa mengikutkan Rudyanto Go ke PN Maumere melalui gugatan perdata yang diregister dengan nomor: 26/PDT.G/2014/PN.MMR., yang didaftarkan di Kepaniteraan PN Maumere, tanggal 27 Agustus 2014. Namun perkara gugatan dimaksud tidak berlangsung karena Penggugat Andreas Aseng mencabut kembali gugatannya saat tahap mediasi berjalan.

Petrus menjelaskan, terakhir Andreas Aseng mengajukan gugatan baru yang diregister sebagai perkara gugatan Nomor: 39/Pdt.G/2014/PN.MMR. di PN Maumere dengan Tergugatnya masing-masing Rudyanto Go selaku Tergugat I, Angelus Pio Pao sebagai Turut Tergugat I, Rivin Hamdani sebagai Turut Tergugat II dan Yulius Yuvensius Bewe alias Epeng Bewe sebagai Turut Tergugat III. Dan gugatan ini ditolak seluruhnya oleh majelis hakim PN Maumere dalam persidangan tanggal 25 Mei 2015.

KUPANG - Dua hakim Pengadilan Tinggi (PT) Kupang bersama seorang advokat dan seorang wiraswasta diadukan ke Komisi Yudisial (KY) RI. Mereka diduga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News