Tragis, 6 Pasien Kritis Tewas Terbakar di ICU

Tragis, 6 Pasien Kritis Tewas Terbakar di ICU
Api membakar Sultanah Aminah Hospital. Foto: Pic courtesy of Hospital JB/thestar

jpnn.com - JOHOR BAHRU - Api mendadak melalap ruang intensive care unit (ICU) di lantai dua Sultanah Aminah Hospital, Johor, Malaysia, Selasa (25/10) kemarin.

Seluruh pasien dan staf di rumah sakit yang berdiri sejak 1882 itu dievakuasi. Empat pasien perempuan dan dua pasien laki-laki yang mencari pengobatan untuk bertahan hidup malah tewas. Sebelas orang lainnya terluka.

Direktur Departemen urusan Kebakaran dan Penyelamatan Johor Othman Abdullah menjelaskan, api mulai muncul pada pukul 08.55 waktu setempat. Namun, belum diketahui penyebabnya. Ada 166 anggota pemadam kebakaran dan sepuluh unit mobil pemadam yang diterjunkan ke lokasi. Kesigapan mereka membuat api tak menyebar ke ruangan lain.

"Ada tujuh pasien yang kritis di ICU. Menurut dokter, pada kondisi normal, mereka bergantung pada ventilator dan tidak bisa dipindahkan tanpa tempat tidurnya,’’ ungkap Othman. 

Mereka berada di ICU sisi selatan di lantai dua. Pemadam kebakaran hanya berhasil menyelamatkan satu orang. Namun, meski selamat, pasien lelaki berusia sekitar 50 tahun tersebut mengalami luka bakar 80 persen.

Salah seorang saksi mata, Habibah Abdul Ghani, mengungkapkan, pada saat kejadian, dia berada di lantai empat menjaga ayahnya yang sakit. Perempuan 37 tahun itu lantas mendengar keributan. Tiba-tiba saja suster memintanya keluar ruangan. ’’Saat kami menuruni tangga, situasinya terkontrol. Kami didampingi pegawai rumah sakit,’’ jelasnya. 

Dia baru tahu jika ada kebakaran setelah keluar dari rumah sakit.

Dalam konferensi pers, Menteri Kesehatan Malaysia Dr S Subramaniam mengungkapkan, pada saat kebakaran terjadi, ada sepuluh staf rumah sakit di ICU. Mereka termasuk dalam korban luka. Dua di antaranya dirawat di rumah sakit yang dekat dengan HSA. Beberapa pasien juga dipindahkan ke rumah sakit lain.

JOHOR BAHRU - Api mendadak melalap ruang intensive care unit (ICU) di lantai dua Sultanah Aminah Hospital, Johor, Malaysia, Selasa (25/10) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News