Di Jakarta, Nomor Urut Cagub tak Jadi Masalah

Di Jakarta, Nomor Urut Cagub tak Jadi Masalah
Tiga pasangan peserta Pilkada DKI Jakarta 2017. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tiga pasangan calon gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta sudah mendapatkan nomor urut. 

Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan nomor urut satu, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot nomor urut dua, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno urutan ketiga. 

Dari penilaian Zainal Abidin, psikolog politik, saat pengambilan nomor urut, masing-masing pasangan calon punya persepsi sendiri. Ada pasangan calon yang sangat yakin dan senang dengan nomor urutnya. Ada pula pasangan calon yang terlihat biasa-biasa saja.

"Bagi pasangan calon angka-angka itu punya makna. Dengan angka itu, pasangan calon ingin menunjukkan kepercayaan dirinya," ujar Zainal, Rabu (26/10).

Meskipun pasangan Anies-Sandiaga tidak terlalu terpaku pada nomor urut tiga, namun Zainal yakin nantinya keduanya akan memainkan angka-angka tersebut dalam kampanye dan memaknainya untuk kepercayaan diri.

Dari sisi pemilih, Zainal melihat, nomor urut tidak bermakna. Yang dilihat adalah figur sang cagub/cawagub.

"Karena tiga pasangan cagub/cawagub ini‎ punya potensi dan sudah dikenal warga DKI, nomor urut jadi tidak bermakna. Yang dilihat warga Jakarta figurnya, bukan angka-angka lagi," tandasnya. 

Dia menambahkan, hasil survei‎ menunjukkan, yang membuat pemilih tertarik adalah penampilan. Itu sebabnya selain angka, foto figur pasangan calon penting untuk dicantumkan. (esy/jpnn)

JAKARTA - Tiga pasangan calon gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta sudah mendapatkan nomor urut.  Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News