Kemenpu-PR Bangun Tol Batam Begitu Trans Sumatera Selesai

Kemenpu-PR Bangun Tol Batam Begitu Trans Sumatera Selesai
Ilustrasi. Foto: istimewa for batampos

jpnn.com - BATAM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpu-PR) bakal membangun jalan tol di kota Industri Batam, Kepulauan Riau.

Wacana pembangunan jalan tol itu akan dipusatkan di wilayah Batuampar hingga Mukakuning dengan alasan jumlah kendaraan yang melintas tiap harinya cukup tinggi.

Anggota Badan Pengatur jalan Tol (BPJT) Kemenpu-PR, Bambang Eko mengungkapkan pembangunan jalan tol di Batam sudah masuk dalam penugasan program strategis nasional pertama, setelah proyek pengerjaan Trans Sumatera selesai.

“Belum ditender, tapi sudah masuk dalam penugasan,” katanya saat acara West Java Investment di Harmoni One, Batamcentre seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini.

Pembangunan jalan tol berbeda dengan flyover karena jalan tol bersumber bukan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Pembangunan jalan tol dilihat dulu dari segi kelayakannya. Sebenarnya Batam masih kurang,” imbuhnya.

Syarat utama untuk membangun jalan tol adalah suatu kota harus dilintasi 20 ribu mobil tiap harinya. Mengapa harus mobil? 

“Karena biaya perawatan jalan tol nantinya berasal dari tarif jasa penggunaan jalan tol,” ungkap Bambang.

BATAM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpu-PR) bakal membangun jalan tol di kota Industri Batam, Kepulauan Riau. Wacana pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News