Satgas Kompi Zeni TNI Panen Pujian Di Benua Afrika

Satgas Kompi Zeni TNI Panen Pujian Di Benua Afrika
Gubernur Isiro, Mr. Lola Kisanga (tengah bertopi) di Dungu, Republik Demokratik Kongo mengunjungi Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-M/Monusco di Republik Demokratik Kongo, Sabtu (29/10). FOTO: Dok. TNI

jpnn.com - KONGO - Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-M/Monusco di Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu kontingen di jajaran Brigade Ituri dan langsung di bawah supervisi Force Engineering HQ Monusco. Satgas ini memiliki tanggung jawab wilayah penugasan meliputi wilayah Provinsi Ituri, Bass Uele dan Haut Uele yang berpusat di Dungu (Haut Uele).

Tugas pokok Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-M/Monusco sesuai Resolusi Dewan Keamanan PBB 2277 tanggal 30 Maret 2016 dan Standart Operating Procedure for Monusco Military Engineers No. 899/MONUSCO/FC tanggal 21 Juli 2014, mempunyai 17 Tugas Militer Zeni secara garis besar.

Satgas Kompi Zeni TNI berjumlah 175 personel terdiri dari TNI AD, AL dan AU di bawah pimpinan Letnan Kolonel Czi Sriyanto sebagai Komandan Satgas (Dansatgas).

Akhir pekan lalu, Sabtu (29/10), Kontingen Garuda XX-M mendapat kunjungan dari Local Chief Isiro (Gubernur Isiro) Mr. Lola Kisanga di Dungu, didampingi Alessandra Trabbatoni (Head of Office Dungu), Kolonel Major Mohammed Jamil (Komandan Northern Sector), Komandan FARDC dan Komandan PNC.

Gubernur Isiro bersama rombongan menerima paparan dari Dansatgas Konga XX-M/Monusco Letkol Czi Sriyanto mengenai pencapaian yang telah dilaksanakan oleh Kontingen Indonesia dalam rangka mendukung tugas Monusco ataupun membantu pemerintah/masyarakat Republik Demokratik Kongo.

“Pencapaian tersebut meliputi rehabilitasi jalan Dungu-Isiro, Faradje-Durba, pemeliharaan bandara baik di Dungu dan Beni, pembuatan/perbaikan jembatan, dukungan air bersih kepada masyarakat, kegiatan humanitarian dengan memberikan bantuan kepada para pengungsi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat/staf lokal,” jelas Letkol Czi Sriyanto seperti siaran pers Perwira Penerangan Konga XX-M, Lettu Czi Ruzald D.Y. Auparay.

Gubernur Isiro Mr. Lola Kisanga memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap semua yang telah dilaksanakan oleh Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-M/Monusco. Menurutnya, tugas-tugas yang telah dilaksanakan tersebut sangat membantu pemerintah, masyarakat di wilayah Bass-Haut Uele.

"Karena selain manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat/ pemerintah lokal, pencapaian tugas tersebut juga dapat bermanfaat dalam dalam jangka panjang,” ujarnya.

KONGO - Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-M/Monusco di Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu kontingen di jajaran Brigade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News