Gawat! Fondasi Jembatan Ini Terancam Ambruk, Mobil Besar Dilarang Melintas

Gawat! Fondasi Jembatan Ini Terancam Ambruk, Mobil Besar Dilarang Melintas
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com - MUARA ENIM - Fondasi pangkal jembatan Enim III, Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Sumatera Selatan terancam ambruk. 

Pasalnya, tanah dinding pangkal jembatan kontruksi baja itu mengalami longsor akibat diterjang gerusan luapan air Sungai Enim.

Akibatnya, tanah yang menghadang fondasi pangkal jembatan tersebut diperkirakan hanya tinggal sekitar 2,5 meter lagi.

Jika kondisi itu tidak segera ditanggulangi, tidak menutup kemungkinan, fondasi pangkal jembatan yang berkontruksi beton cor itu akan ambruk ke Sungai Enim. 

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar mengimbau kepada mobil bertonase besar untuk sementara ini tidak lewat jembatan Enim III. 

"Mobil besar jangan lewat dulu," ujar Muzakir saat meninjau Jembatan Enim III seperti diberitakan Sumatera Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini.

Kepala Dinas PU Bina Marga Muara Enim, Ir H A Yani Herianto, mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke lokasi itu. Penyebab longsor diduga karena banyaknya sampah yang tertahan di tiang jembatan. 

"Sehingga luapan air tersebut memecah dan menghantam tanah dinding pangkal jembatan,” jelas Yani.

MUARA ENIM - Fondasi pangkal jembatan Enim III, Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Sumatera Selatan terancam ambruk.  Pasalnya, tanah dinding

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News